Jokowi Beri Kode ke Anies Akhiri PSBB DKI Jakarta?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 May 2020 12:41
Presiden Joko Widodo meninjau Mal Summarecon (Dok Agus Suparto)
Jakarta, CNBC indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa tingkat reproduksi yang menggambarkan sejauh apa penyebaran virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta sudah membaik.

Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya lihat data terakhir tadi pagi, trend untuk R0 dan Rt dari DKI Jakarta sudah di bawah satu," kata Jokowi, Rabu (27/5/2020).


DKI Jakarta sendiri saat ini masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ini merupakan kali ketiga kawasan Ibu Kota menerapkan kebijakan tersebut dalam kurun waktu 2 bulan terakhir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sendiri telah membuka kemungkinan bahwa PSBB kali ini bisa menjadi yang terakhir, dengan catatan masyarakat harus taat terhadap aturan tersebut.

"Bila masyarakatnya memilih untuk tidak, terpaksa PSBB diperpanjang," kata Anies beberapa waktu lalu.

Jokowi sendiri meminta jajarannya untuk menempuh berbagai strategi agar angka Covid-19 di DKI Jakarta tak lagi tinggi dengan cara melakukan pengawasan ekstra ketat menghadapi arus balik mudik.

"Ini penting kita kendalikan agar tidak terjadi sirkulasi bolak balik dalam penyebaran virus yang berpotensi untuk memunculkan gelombang kedua, utamanya di wilayah Jabodetabek," kata Jokowi


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading