Dampak Corona

Dahlan Wanti-Wanti Bila Banyak Pengusaha Kolaps, Bahaya!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
18 May 2020 14:32
INFOGRAFIS, Dahlan Iskan Puji Para Menteri Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengingatkan agar perusahaan pelat merah ambil peran di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, bank BUMN punya peran besar menjaga perekonomian Indonesia.

Dahlan memberikan contoh, penyaluran kredit kepada para pengusaha tertentu harus digenjot, misalnya pengusaha yang selama ini menjadi eksportir.

"Jadi menurut pendapat saya, sekarang ini kita memang harus berpihak kepada para pengusaha. Tetapi juga kita lihat peran pengusaha itu dalam menjaga ekonomi nasional," kata Dahlan Iskan dalam sebuah diskusi virtual bersama LP3ES, Senin (18/5/20).


Menurutnya, yang nomor satu harus betul-betul dijaga jangan sampai kolaps adalah para eksportir. Jika perusahaan yang selama ini rajin ekspor sudah kolaps, Dahlan mengingatkan adanya dampak sangat buruk.



"Karena begitu kolaps, bukan hanya perusahaan itu yang sulit, tetapi juga kita semua sulit," imbuhnya.

Konkretnya, jaringan para pengusaha ini di internasional bisa hilang maka akses mereka di internasional pasti ikut lenyap.

"Kemudian jalur logistik di dalam negeri hilang, sistemnya hilang, maka kita penyesalannya akan sangat luar biasa. Sebaiknya pemerintah harus punya daftar perusahaan eksportir yang harus dijaga agar jangan sampai ini kolaps, termasuk dukungan apa yang harus diberikan," serunya.

Prioritas kedua, menurut Dahlan adalah perusahaan yang selama ini mampu berperan mengurangi impor. Dalam hal ini adalah perusahaan yang memproduksi barang-barang substitusi impor.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading