Ajakan Menko Luhut: Cintailah Produk-produk Indonesia

News - Ratu Rina Windarty, CNBC Indonesia
14 May 2020 17:45
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram/Luhut.Pandjaitan)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal kebijakan pemerintah terkait usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19. Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers Gerakan Nasional "Bangga Buatan Indonesia" melalui video conference, Kamis (14/05/20).

"Sekarang kita mulai mempromosikan gerakan ini kerja sama semua kementerian lintas kementerian dan semua yang hadir di sini pemain pemain UMKM, pemerintah memfasilitasi untuk semua ini masuk di dalam online dan saya pikir Covid-19 ini tidak pernah terbayang seperti ini begitu besar dahsyatnya dampaknya," kata Luhut.

Menurut dia, pelaku usaha UMKM salah satu pilar ekonomi negara. Dalam kondisi pandemi ini pengusaha UMKM harus bisa berpikir kreatif untuk bisa bertahan. Salah satunya dengan menggunakan digital platform dalam menjalankan usahanya.


Selain itu, Luhut menjelaskan, pemerintah juga memberikan berbagai pelatihan secara online untuk UMKM mengembangkan bisnisnya agar dapat bertahan ditengah pandemi. Total alokasi anggaran untuk pelaku UMKM ini sebesar Rp 34,1 triliun.



"Nah sekarang kesempatan itu tidak akan datang dua kali, jadi Bapak/Ibu ayo kita sungguh-sungguh lakukan, manfaatkan buat produk-produk Indonesia, cinta kepada produk-produk Indonesia, kita beli produk Indonesia, itu semua saya pikir hebat," ungkapnya.

Luhut menambahkan, saat ini perkembangan zaman mengarah ke digitalisasi-globalisasi.

"Artinya, kita mulai menguatkan negara, bukan berarti kita lepas dari negara lain tapi kita harus melihat negeri kita kuat dulu dan bangsa kita, Indonesia negara hebat kalau kita satu," ujar Luhut.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading