Maaf! Tak Ada Diskon Tarif Tol Periode Lebaran 2020

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
12 May 2020 19:44
Melihat 3 Progress Mega Proyek di Jalan Tol Cikampek
Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat suasana Lebaran 2020 berbeda karena ada larangan mudik. Hal ini berdampak pada kebijakan pengoperasian jalan tol termasuk 'tradisi' diskon tarif tol.

Tahun ini kemungkinan besar tak akan terjadi diskon tarif tol. Setidaknya, PT Jasa Marga belum berencana memberikan diskon tarif.

"Kami belum ada rencana memberikan diskon tarif tol," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru dalam jumpa pers, Selasa (12/5/20).




Di samping itu, dia juga menyebutkan bahwa rencana penyesuaian tarif tol tetap berlaku sebagaimana mestinya walau di masa pandemi Covid-19. Kendati demikian, dia tak merinci tol mana saja yang akan mengalami penyesuaian dalam waktu dekat.

"Penyesuaian tarif adalah merupakan hal yang biasa dan sudah diperjanjikan dalam perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT). Itu mekanisme yang berlaku reguler dan diatur perundang-undangan," katanya.

Jasa Marga mengaku mengikuti prosedur yang berlaku. Namun demikian, keputusan resmi mengenai tarif tol ada di tangan pemerintah.

"Pada saat tarifnya jatuh tempo sudah kami sampaikan kepada kementerian PUPR, namun demikian keputusan di menteri PUPR. Tentu pak menteri akan mempertimbangkan banyak hal dan keputusan dengan beliau, kami mendukung apapun keputusan pemerintah terkait hal ini," katanya.

Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, tahun lalu terdapat diskon tarif tol di masa Lebaran. Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) menyepakati adanya diskon tarif tol sebesar 15% selama mudik Lebaran 2019. Diskon tarif tol berlaku pada 27-29 Mei 2019 sebelum puncak mudik dan 10-12 Juni 2019 tepat sesudah puncak arus mudik.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading