Gugus Tugas Ungkap Kasus Covid-19 di DKI Turun Karena PSBB

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 May 2020 12:34
Kepala BNPB/Gugus Tugas Covid 19 Doni Monardo
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 ,Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, mengklaim penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota berdampak positif. Hal itu disampaikan Doni usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo via konferensi video, Senin (11/5/2020).

"Perkembangan PSBB di provinsi dan daerah, hampir semua provinsi yang memutuskan PSBB (menunjukkan) kemajuan cukup bagus," kata Doni.

Ia mencontohkan DKI Jakarta. Pada 5 April 2020, kasus konfirmasi positif sebesar 50% dari total kasus secara nasional. Setelah dilakukan PSBB yang dimulai 10 April 2020, per 5 Mei lalu, kasus konfirmasi positif turun menjadi 39% dari total kasus secara nasional.


"Kemudian untuk pulau Jawa sendiri kami laporkan jumlah kasus berada pada posisi 70% nasional, yang meninggal 82% dan sembuh 59%," kata Doni.



Oleh karena itu. dia bilang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berharap inisiatif daerah, terutama daerah-daerah yang melaporkan peningkatan kasus konfirmasi positif, mengusulkan PSBB ke Kementerian Kesehatan.

"Tentu kita berharap inisiatif dari daerah untuk koordinasi mempersiapkan diri jauh lebih baik. Hal ini kita upayakan agar tidak terjadi ping pong antardaerah. Ada daerah yang sangat menurun tapi bisa kembali lagi kalau ada perubahan mobilisasi masyarakat," ujar Doni.

[Gambas:Video CNBC]





(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading