Ketua Gugus Covid-19: Tanpa Vaksin, RI Tak akan Bisa Bebas

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 May 2020 14:21
Kepala BNPB Doni Monardo
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia disebut tidak akan terbebas sepenuhnya dari wabah pandemi Covid-19 selama vaksin penyakit tersebut tak kunjung ditemukan. Situasi berbeda bisa saja terjadi, apabila vaksin segera ditemukan.

Hal tersebut merupakan laporan para menteri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam konferensi pers usai rapat terbatas.

"Sebelum ada vaksin, ya kita belum bisa terbebas dari Covid," kata Doni, Senin (4/5/2020).


Doni mengemukakan dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk masa pemulihan pasca Covid-19. Di samping itu, kondisi ini tentu akan mengubah gaya kehidupan seluruh elemen masyarakat.

"Kalau toh sudah berkurang, kehidupan kita akan dipengaruhi oleh perilaku yang relatif menurut kita nggak nyaman. Kita harus tetap pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan kegiatan keluar rumah harus dilakukan kalau penting," katanya.

Doni pun buka suara perihal statistik data pasien Covid-19 di sejumlah daerah yang memungkinkan adanya peluang melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Menurutnya, hal itu akan sulit dilakukan.

"Kapan waktu PSBB berakhir? Menko Ekonomi telah ingatkan, sebelum ada vaksin maka kita belum aman dari Covid-19. Sehingga otomatis kondisi kita untuk bisa pulih secara semula membutuhkan waktu yang sangat lama," katanya.



[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading