Sri Mulyani Janji Cairkan BLT ke Masyarakat Pekan Ini

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
13 April 2020 14:24
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan segera mencairkan anggaran untuk bantuan sosial
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan segera mencairkan anggaran untuk bantuan sosial hingga bantuan tunai langsung (BLT) ke masyarakat yang terdampak virus Corona atau Covid-19. Rencananya, penyaluran segara bantuan ini akan dilakukan pada pekan ini.

Direktur Jenderal Anggaran Askolani mengatakan, saat ini Kementerian Sosial (Kemensos) sedang menyiapkan data dan bantuan apa saja yang akan didahulukan. Jika persiapan dari Kemensos selesai maka anggarannya akan langsung dicairkan oleh Kemenkeu.

"Lagi disiapkan segera dengan Kemensos. Insyallah siap dilaksanakan Kemensos minggu ini," ujar Askolani saat dihubungi CNBC Indonesia, Senin (13/4/2020).


Sedangkan, untuk penyaluran apakah akan dilakukan sekaligus dan bertahap, ia mengatakan masih dalam pembahasan. Sehingga ia pun meminta untuk bersabar menunggu hasil persiapan Kemenkeu dan Kemensos.

"Nanti kita tunggu persiapan Kemensos dulu," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar penyaluran segala bantuan sosial ke masyarakat dilakukan pada pekan ini. Hal ini disampaikan saat membuka rapat terbatas melalui video conference di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/4/2020).

"Ini sudah sangat-sangat mendesak sekali, baik berkaitan kartu Prakerja , PKH, BLT, kartu sembako, baik pembagian sembako Jabodetabek semua harus berjalan minggu ini. Jangan nanti di bawah melihat hanya omong saja tapi barang tidak sampai ke rakyat ke masyarakat," jelas Presiden.

Jokowi sendiri mengaku telah turun ke jalan untuk melihat kondisi masyarakat. Pemerintah tak ingin, lambatnya bantuan yang diberikan justru akan membuat masyarakat semakin kesulitan di tengah pandemi Covid-19.

"Saya turun ke bawah kemarin saya lihat bahwa kebutuhan itu sudah ditunggu oleh masyarakat. Jangan nanti di bawah melihat kita ini hanya omong saja, tapi barangnya tidak sampai ke rakyat, ke masyarakat," tegasnya.



[Gambas:Video CNBC]







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading