Catat! Ini BLT dan Sembako yang Mau Disebar Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
09 April 2020 16:31
Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan bantuan sosial, dalam bentuk sembako maupun BLT kepada warga Jabodetabek.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan bantuan sosial, dalam bentuk sembako maupun bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Bantuan ini diberikan Jokowi untuk membantu masyarakat bawah, di tengah sulitnya kondisi ekonomi akibat penyebaran virus corona (Covid-19).

Khusus wilayah DKI Jakarta, akan diberikan bantuan sembako Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan. Bantuan ini akan diberikan kepada 2,6 juta jiwa atau 1,2 juta Kepala Keluarga (KK) di ibu kota. Adapun anggaran yang disiapkan Rp 2,2 triliun.


Sementara itu, wilayah Bodetabek juga akan mendapatkan bantuan sembako Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan ke depan. Bantuan ini akan diberikan kepada 1,6 juta jiwa atau 576 KK. Adapun anggaran yang disiapkan Rp 1 triliun.


Khusus di luar wilayah Jabodetabek, pemerintah memutuskan memberikan bantuan langsung tunai kepada 9 juta KK yang tidak menerima bantuan program Keluarga Harapan (PKH) maupun bantuan sosial sembako.

"Sekali lagi, kepada 9 juta KK sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan dan total anggaran Rp 16,2 triliun," kata Jokowi dalalm konferensi pers di istana Merdeka, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Tak hanya itu, pemerintah juga akan mengalokasikan dana desa untuk memberikan bantuan sosial sebesar Rp 21 triliun. Ini akan diberikan kepada kurang lebih 10 juta keluarga penerima dengan besaran Rp 600 ribu per 3 bulan.


Jokowi mengatakan, pemerintah juga akan memperkuat program padat karya tunai di sejumlah kementerian dan lembaga dengan total penggunaan anggaran mencapai Rp 16,9 triliun.

Bahkan, sambung Jokowi, Polri nantinya juga akan meluncurkan program keselamatan berupa bantuan sosial maupun pelatihan kepada sopir taksi, sopir bus, sopir truk, hingga para kenek.

"Akan diberikan insentif Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan, anggarannya Rp 360 miliar," kata Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]




(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading