Catat! Ini 35 Rumah Sakit BUMN Untuk Tangani Pasien Covid-19

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
07 April 2020 18:16
BUMN pastikan 35 rumah sakit miliknya siap tangani dan rawat pasien covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mempersiapkan sebanyak 35 rumah sakit di bawah PT Pertamina Bina Medika-IHC (Pertamedika) untuk menerima pasien yang terpapar COVID-19. Dari jumlah tersebut tersedia 2.411 tempat tidur dan 611 ICU yang akan bisa ditempati oleh pasien ini.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan 35 rumah sakit ini sudah disiapkan dari total 65 rumah sakit yang ada di bawah naungan holding ini. Kementerian terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan peralatan hingga obat-obatan yang dibutuhkan oleh rumah sakit ini.

"Kita tahu BUMN ini mempunyai 65 rumah sakit dimana 35-nya itu harus dirubah menjadi Covid-19 friendly. Kalau jumlahnya 35 rumah sakit, 50% harus berarti total tempat tidur 2.411," kata Erick dalam video conference, Selasa (7/4/2020).

Berikut daftar 35 rumah sakit BUMN yang menerima pasien COVID-19:

Catat! Ini 35 Rumah Sakit BUMN Untuk Tangani Pasien Covid-19 Foto: Daftar Rumah Sakit BUMN yang Tangani Pasien Covid-19 (Dok. Kementerian BUMN)

Sementara itu, dalam upaya memenuhi peralatan yang dibutuhkan oleh rumah sakit ini, BUMN terus berburu sampai ke luar negeri. BUMN juga menerima berbagai macam bantuan berbentuk barang maupun dana segar dari berbagai pihak swasta dan lembaga pemerintah lainnya.

Erick menyebutkan, bantuan yang telah disampaikan ini nantinya akan diserahkan kepada rumah sakit BUMN yang menjadi rujukan sebagai RS Darurat Penanganan Covid-19.





[Gambas:Video CNBC]



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading