Lawan Corona! Bantuan Peralatan Medis China Tiba di Indonesia

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
28 March 2020 21:00
Lawan Corona! Bantuan Peralatan Medis China Tiba di Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah membereskan kasus corona di negaranya, China mulai membantu negara-negara lain, termasuk Indonesia. Pemerintah China mengirimkan bantuan berupa peralatan medis pada 24 Maret dan sampai di Indonesia empat hari kemudian, yakni Sabtu (28/3/2020).

Bantuan ini terdiri atas alat tes corona, masker N95, masker bedah, pakaian pelindung medis, ventilator portable, dan lainnya. Pasokan medis ini akan digunakan untuk pencegahan dan pengendalian wabah COVID-19 di Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Virus tidak memiliki belas kasihan, namun manusia mempunyainya. Sejak merebaknya wabah COVID-19, pemerintah dan rakyat Indonesia telah memberikan bantuan dan dukungan yang tulus kepada pihak China pada saat yang paling sulit," ujar pihak Kedutaan Besar China di Indonesia dalam siaran pers.



Bantuan ini dinilai sebagai balasan atas bantuan Indonesia kepada China sebelumnya. Selain itu, pemerintah daerah, perusahaan dan masyarakat China juga akan aktif menawarkan bermacam-macam bantuan alat medis melalui berbagai saluran untuk mendukung Indonesia melawan pandemi.

"Pihak China juga mendukung dan memfasilitasi pembelian alat-alat medis oleh pemerintah dan perusahaan Indonesia di Tiongkok," lanjutnya.

Lawan Corona! Bantuan Dari China Tiba di IndonesiaFoto: Paket Bantuan Medis dari Pemerintah Tiongkok bagi Indonesia untuk menangani Wabah COVID-19 Telah Tiba di Indonesia (Dok: Kedubes China di Jakarta)


Menurut data Worldometers, China kini memiliki 81.394 kasus terjangkit, dengan 3.295 kasus kematian, dan 74.971 kasus berhasil sembuh. China berhasil menekan angka penyebaran dengan melakukan penguncian (lockdown) besar-besaran, terutama di kota Wuhan yang menjadi pusat munculnya pandemi ini.


Sedangkan Indonesia kini memiliki 1.155 kasus terjangkit, dengan 102 kasus kematian, dan 59 kasus berhasil sembuh.

Menurut situs covid19.go.id, penyebaran terbanyak berada di DKI Jakarta dengan 627 kasus terkonfirmasi, 43 kasus sembuh, dan 63 kasus meninggal. Disusul Jawa Barat dengan 119 kasus terkonfirmasi, 6 kasus sembuh, dan 17 kasus meninggal.


[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading