Permintaan Bos BI ke Ketua OJK: Dorong Bank Turunkan Bunga!

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
20 March 2020 13:48
Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuannya atau BI 7-Day RR sebesar 25 bps.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuannya atau BI 7-Day RR sebesar 25 bps. Saat ini bunga acuan bank sentral ada di 4,5%.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, meminta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, untuk bisa mendorong bank menurunkan bunga kreditnya.

"Kami sudah menurunkan, ini agar berikan kemudahan bagi dunia usaha dan masyarakat bagaimana mudahkan pembiayaan. Kami meminta juga bersama OJK dorong perbankan turunkan suku bunga kredit sehingga bisa dorong perekonomian lanjut," kata Perry setelah Rapat Terbatas dengan Presiden Jokowi melalui video conference, Jumat (20/3/2020).


Selain itu, Perry mengatakan, bersama OJK juga terus berkoordinasi memantau agar pasokan likuiditas tetap banyak. Sementara pasar valas juga diusahakan lebih liquid.

"BI terus lakukan stabilisasi rupiah melalui intervensi spot, SBN dan DNDF. Kami terus lakukan seperti ini di tengah investor global tarik dananya dari seluruh negara termasuk RI. Kami akan terus ada di pasar melalui triple intervention. Pembelian SBN sudah Rp 163 triliun yang dilepas asing agar berikan stabilitas rupiah," tegas Perry.


[Gambas:Video CNBC]


(dru/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading