Internasional

Corona 'Hantui' Kapal Pesiar Mewah Grand Princess

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
05 March 2020 16:44
Ribuan penumpang kini harus terdampar di kapal pesiar Grand Princess.
Jakarta, CNBC Indonesia - Ribuan penumpang kini harus terdampar diĀ kapal pesiar Grand Princess. Kapal mewah itu berada di pantai lepas California, Amerika Serikat, dan tak bisa merapat karena virus corona.

Beberapa penumpang dan anggota kru kapal dikabarkan mengalami gejala penyakit COVID-19. Akibat hal tersebut, para pejabat menunda izin kembalinya kapal pesiar tersebut ke San Francisco dari Hawaii.




Menurut keterangan operator, seorang penumpang pria berusia 71 tahun meninggal. Ia dikatakan tertular penyakit COVID-19 selama perjalanannya ke Meksiko.

Dalam konferensi pers, Gubernur California Gavin Newsom mengatakan penundaan izin kembali kapal dari pelayarannya untuk menguji sejumlah penumpang dan awak yang mengalami gejala terjangkit virus corona. Setidaknya ada 21 suspect dalam kapal tersebut.



"Jadi kami memegang kapal itu, yang (memiliki) ribuan penumpang juga, di lepas pantai, dan kami akan melakukan tes itu," ujar Newsom, dikutip dari AFP, Kamis (5/3/2020).

"Dengan sangat hati-hati, para tamu ini dan calon kru dekat lainnya telah diminta untuk tetap berada di kabin mereka sampai disaring oleh tim medis kami."

Kapal itu menampung sekitar 2.500 penumpang plus awak. Menurut situs web perusahaan, kapal tersebut diawaki oleh 1.150 awak.

Grand Princess adalah kapal pesiar milik Princess Cruises. Sebelumnya, kapal lain milik perusahaan ini- Diamond Princess- juga dihantui kasus COVID-19.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading