Indonesia Tak Lagi 'Kebal' Corona, Ini Penjelasan Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
03 March 2020 08:50
Jokowi mengungkap, dua orang yang positif corona tersebut merupakan ibu dan anak, masing-masing berusia 64 tahun dan 31 tahun.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menkonfirmasi terdapat dua orang yang positif terkena virus corona di Indonesia.

"Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," kata Jokowi tanpa menjelaskan lebih detil

Jokowi mengungkap, dua orang yang positif corona tersebut merupakan ibu dan anak, masing-masing berusia 64 tahun dan 31 tahun.


Menurut Jokowi, Indonesia sudah mengantisipasi kedatangan virus ini dengan menyiapkan standar rumah sakit dengan isolasi yang baik. "Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi standar yang baik."


Ia juga menjelaskan, peralatan rumah sakit tersebut memadai standar internasional. "Kita juga memiliki tim gabungan TNI, Polri, sipil dalam penanganan ini. Kita juga miliki SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada."

Ia juga menambahkan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran dan memprioritaskan untuk ini. "Karena kalau tidak serius ini sangat berbahaya, karena ini perlu kita waspadai."

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto korban terinfeksi melakukan kontak dengan warga Jepang yang tinggal di Singapura. Warga Jepang tersebut merupakan pasien corona di Malaysia.

"Jadi ditularkan ... WN Jepang," tegasnya kepada wartawan. Menurutnya pemerintah kini melakukan tracking ke mana saja kedua korban positif pernah berkontak, untuk menekan penyebaran virus.


Meski demikian, sebenarnya Sabtu (29/2/2020) lalu, hal ini sempat diumumkan Malaysia. Saat mengabarkan update kasus corona di negeri itu, Malaysia mengatakan satu pasien baru pernah ke RI.

Pasien tersebut merupakan kasus ke-24. Ia berkebangsaan Jepang berusia 41 tahun yang bekerja di Malaysia dan sebelumnya bepergian ke Jepang pada Januari dan ke Indonesia di awal Februari.

"Pasien memiliki gejala demam dan menerima perawatan pada 17 Februari dan dikonfirmasi positif pada 27 Februari. Saat ini dia sedang diisolasi di RS Kuala Lumpur," jelasnya

[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading