Internasional

Nambah 8 dalam Sehari, 74 Negara Kini Tersengat Corona

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
03 March 2020 07:41
Arab Saudi hingga Portugal pun 'tertular' corona.
Jakarta, CNBC Indonesia - Delapan negara mengonfirmasi masuknya wabah virus corona baru dari Wuhan ke negara mereka, pada Senin (2/3/2020). Selain Indonesia, negara lain tersebut yakni Arab Saudi, Portugal, Senegal, Yordania, Tunisia, Maroko, Andora, Latvia.

Ini menjadikan total negara yang terkena COVID-19 menjadi 74 negara per Selasa (3/3/2020) pagi. Saat ini berdasarkan data Johns Hopkins CSSE ada total 90.306 kasus corona di seluruh dunia, dengan total korban tewas mencapai 3.085 dan kembali sehat 45.581.


Arab Saudi
Arab Saudi mengonfirmasi satu warganya positif, setelah kembali dari Iran. Menurut kementerian kesehatan warga tersebut masuk ke Saudi melalui Bahrain.


"Telah diisolasi di rumah sakit," kata Kementerian setempat dikutip dari AFP.

Portugal
Portugal juga mengkonfirmasi kasus pertama corona yang melibatkan dua orang warga. Mereka berusia masing-masing 60 dan 33 tahun.

Kasus pertama tertular setelah melakukan perjalanan dari Italia Utara. Sedangkan kasus kedua, terkena corona setelah melakukan perjalanan ke Spanyol bagian timur.

Senegal
Senegal mengonfirmasi seorang warga Perancis positif corona di negeri Afrika itu. Ia tertular sekembalinya dari Paris, Februari lalu.

"Hasil tes yang dilakukan positif," kata Menteri Kesehatan Senegal Diouf Sarr di AFP.

"Sejauh ini kondisi pasien belum menimbulkan kekhawatiran besar."

Yordania
Negara Arab lain yang mengonfirmasi corona adalah Yordania. Seorang warga negara itu menderita corona setelah kembali dari Italia dua minggu lalu.

"Pasien telah dipindahkan ke Departemen Isolasi di Rumah Sakit Prince Hamza," Menteri Kesehatan, Saad Jaber dikutip dari Ryal News.

Jaber mengatakan bahwa keluarga pasien dan seorang temannya telah dikarantina. Sekolah dan universitas akan diliburkan jika jumlah kasus melebihi 20.




Tunisia
Tunisia mengonfirmasi kasus pada Senin. Seorang warga yang kembali dari Italia dinyatakan positif tertular virus corona.

Saat ini ia tengah dirawat di rumah sakit setempat, sebagaimana dikutip Anadolu Agency.

Maroko
Maroko juga mengonfirmasi kasus corona pertama kemarin. Seorang pria Maroko yang tinggal di Italia dikabarkan terinfeksi corona, sebagaimana ditulis Reuters.

Saat ini, pria tersebut menerima perawatan di Casablanca. Ia dikabarkan stabil dan tidak dalam kondisi kritis.

Andorra
Kasus di Andorra melibatkan seorang pria berusia 20 tahun. Ia menderita gejala COVID-19 setelah kembali dari Milan, Italia.

"Tes yang dilakukan menunjukkan hasil positif" ujar pejabat setempat. Ia sudah dirawat di rumah sakit sejak Minggu.

Latvia
Latvia juga mengonfirmasi virus corona. Hal ini ditegaskan kementerian kesehatan negeri itu kemarin.

"Kementerian mengonfirmasi satu pasien didiagnosa dengan corona di Latvia," kata pejabat setempat dikutip Reuters. Namun sayangnya tak ada detil lebih lanjut,


[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading