Kang Emil: Dampak Corona ke Pariwisata Jabar tidak Signifikan

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
02 March 2020 13:54
Demikian kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, kepada CNBC Indonesia ketika ditemui di SICC, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (2/3/2020).
Sentul, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan dampak penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap sektor pariwisata Jawa Barat tidak signifikan. Sebab, mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Jabar berasal dari negara-negara ASEAN, bukan dari China.

"Jawabannya iya ada, tapi belum separah daerah lain yang hubungan dengan China lebih banyak," ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, kepada CNBC Indonesia ketika ditemui di SICC, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (2/3/2020).

Lalu, apa antisipasi yang dilakukan Pemprov Jabar? Kang Emil menjelaskan kekuatan ekonomi Jabar adalah usaha mikro kecil dan menengah. Sebanyak 80% dari perekonomian provinsi bergantung kepada UMKM.


"Tidak terlalu mengandalkan terlalu besar perdagangan internasional, kita akan fokus ekonomi lokal," kata Kang Emil.



Hari ini, Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua orang pasien terjangkit Covid-19 di Indonesia. Mereka dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianto Saroso.

Pengumuman itu menambah daftar negara yang terjangkit Covid-19 menjadi 66 negara. Berdasarkan data Arcgis by Johns Hopkins pukul 12:00, ada total 89.072 kasus di dunia. Sebanyak 3.044 meninggal, sedangkan 45.074 orang sembuh.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading