30% KPR Bank BRI Diproses Melalui BRISPOT

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
27 February 2020 20:48
penjualan KPR secara online ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, dan mendapatkan sambutan baik dari masyarakat.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia tBk (BBRI) mengaku sudah ada kerjasama dengan agen penjualan properti online seperti Rumah.com, Rumah123 hingga Raywhite untuk memasarkan KPR secara online.

Direktur Konsumer, Handayani mengatakan penjualan KPR secara online ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, dan mendapatkan sambutan baik dari masyarakat.

"Sejauh ini proses pengajuan (KPR) sudah 30% melalui BRISPOT," ujarnya saat ditemui di pembukaan BRI Euro Travel Fair di Senayan City, Jakarta, Kamis (27/2/2020).



BRISPOT merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk pengajuan kredit tanpa harus datang ke kantor cabang. Selain mudah, menurutnya proses pengajuan tak memakan waktu lama. Misalnya untuk proses awal hingga pemeriksaan Bank Indonesia (BI) atau BI Checking yang bekerjasama dengan pengembang rumah, hanya butuh waktu 3-4 hari.

"Ya (ke depannya banyak ke BRISPOT), karena lebih cepat. Kemudian lebih mudah. Saya rasa sekarang nasabah lebih baik ke online karena tidak ribet," ujarnya lagi.

Selanjutnya terkait dengan penurunan suku bunga KPR, saat ini masih dalam kajian. Salah satunya mengingat ada nasabah Bank BRI yang menempatkan dananya dalam jangka waktu 3-6 bulan tahun lalu.

"Kita harus lihat tahun lalu ada impact dari dana yang masih ada cost-nya," katanya.

Meski belum ada penurunan suku bunga, Bank BRI mengaku ada program khusus yang diberikan nasabah yang ingin mengajukan KPR. Misalnya memberikan suku bunga khusus hingga penawaran lainnya seperti gratis isi rumah.

"Kita juga ada suku bunga tertentu yang khusus developer," imbuhnya.


Bank BRI mencatat suku bunga KPR 1 tahun saat ini dipatok sebesar 7,25%. Sementara untuk suku bunga floating atau berjalan sebesar 13%. Bank BRI akan menyasar nasabah yang ingin memiliki rumah pertama, di mana ticket size atau pembiayaan KPR yang diberikan sebesar Rp 400 juta.

Artikel Selanjutnya

Strategi BRI Dorong Pembangunan Desa Jadi Sentra Produksi


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading