Psst.. Bos Pertamina Kasih Bocoran Anak Usaha yang Mau IPO

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
24 February 2020 19:51
Bos Pertamina kasih bocoran tipis soal rencana anak usaha yang akan IPO
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) menargetkan akan melepas anak dan cucu usahanya untuk Initial Public Offering (IPO). Seperti diketahui Pertamina memiliki ratusan anak dan cucu usaha. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati belum memberi kepastian apa saja anak usaha yang akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Tahun ini kita persiapan dulu, ada yang hulu ada yang ritel, ada beberapa tapi sedang dipersiapkan lebih lanjut," ungkapnya di Gedung DPR RI, Senin, (24/02/2020).

Selain itu, Nicke juga belum menyampaikan detail dari rencana IPO anak dan cucu usaha. Dirinya menegaskan IPO belum akan dilakukan tahun ini, karena butuh waktu untuk mempersiapkan siapa dan kapan perusahaan akan IPO.


"Nggak ada, tahun ini hanya persiapan saja tahun ini, makanya tahun ini kita persiapkan mana saja. Ya kita baru rencanakan tahun ini, menentukan siapa dan kapan, gitu," imbuhnya.



Hal senada disampaikan Corporate Secretary Pertamina Tajudin Noor, menurutnya pihak Pertamina masih mengkaji kira-kira anak usaha mana yang memungkinkan IPO. "IPO kita masih dikaji sih kira-kira anak-anak perushaan mana yang mungkinkan untuk IPO tapi masih kita kaji dulu," terangnya.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan sampai dengan hari ini dari 22 perusahaan yang masuk ke pipeline belum ada anak usaha Pertamina maupun perusahaan yang bergerak dalam bidang Migas. Menurutnya sebagian besar perusahaan yang akan IPO bergerak dibidang perdagangan, jasa dan investasi, serta properti dan real estat.

"Sisanya beragam sektor yang lain seperti, transportasi, perkebunan, ritel, keuangan, kimia, dan tekstil," ungkapnya kepada media, Senin, (24/02/2020). 




[Gambas:Video CNBC]




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading