Jokowi Janji Aceh Punya Tol yang Bisa Dilewati Saat Lebaran

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 February 2020 20:12
Jokowi Janji Aceh Punya Tol yang Bisa Dilewati Saat Lebaran
Aceh, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sore ini meninjau progres pembangunan jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) sepanjang 74 Km di Aceh Besar yaitu seksi IV dari Indahpuri - Blang Bintang, Jumat (21/2/2020).

Usai memantau progres pengerjaan proyek selama kurang lebih 30 menit, Jokowi menargetkan seksi IV ruas tol ini bisa digunakan pada musim Lebaran pada awal Mei 2020 mendatang, jika tidak ada kendala.

"Sudah dijawab Pak Dirut [Hutama Karya, Bintang Perbowo] bisa. Insya Allah bisa [digunakan Lebaran]," kata Jokowi.


Ruas tol sepanjang 74 km ini dikerjakan dalam enam seksi yakni, Seksi I Padang Tiji - Seulimeum 25,2 km, Seksi II Seulimeum - Jantho 6,1 km, Seksi III Jantho - Indrapuri 16 km, Seksi IV Indrapuri - Blang Bintang 14,7 km, Seksi V Blang Bintang - Kuto Baro 7,7 km, dan Seksi 6 Kuto Baro - Simpang Baitussalam 5 km.



Jokowi mengatakan, seluruh pembebasan lahan ruas jalan tol seksi IV ini sudah selesai sepenuhnya. Maka dari itu, eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta Hutama Karya segera mengebut proses konstruksi proyek ini.

"Di sini pembebasan selesainya cepet ya konstruksinya, harus ngejar saya kira. Dan ini bagus. Dari 74 km kita investasi kira-kira Rp 12 triliun, kita harapkan ya secepatnya selesai. Karena lahannya sudah rampung," jelasnya.

Jokowi pun mengapresiasi peran sejumlah pemangku kepentingan terkait dalam proses pembebasan lahan, baik itu koala daerah hingga masyarakat secara luas.

"Karena semua lah. Gubernur bupatinya, menjelaskan ke masyarakat dari pelaksana HK juga memberikan penjelasan yg baik. BPN juga. Semuanya lah. Ini baru 14 bulan lho mulai ground breaking ke sini," jelasnya. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading