Tol Permai Ditargetkan Beroperasi Akhir April 2020

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
21 February 2020 17:18
Tol Permai Ditargetkan Beroperasi Akhir April 2020
Jakarta, CNBC Indonesia- Tol Pertama di Provinsi Riau sepanjang 131 Km yakni Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) ditargetkan beroperasi pada akhir April 2020, atau sebelum arus mudik lebaran.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden RI Joko Widodo saat meninjau Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai.

"Saya juga sudah mendapat penjelasan dari pihak Hutama Karya, bahwa mereka menyanggupi akhir April ini tol Pekanbaru-Dumai sudah bisa dioperasionalkan," kata Jokowi, Jumat (21/02/2020).




Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Dumai yang dibangun oleh PT Hutama Karya diharapkan menunjang mobilisasi dan aktivitas ekonomi masyarakat. Jokowi pun mengatakan kehadiran tol ini sudah ditunggu oleh pemerintah dan masyarakat.

"Diharapkan dengan dioperasionalkannya tol ini semuanya akan menjadi lebih cepat. Angkutan barang cepat, angkutan orang juga bisa menjadi lebih cepat. Makanya operasional tol juga kita harapkan lebih cepat," kata Jokowi.

Tol Permai Ditargetkan Beroperasi Akhir April 2020Foto: Presiden Jokowi Tinjau Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

SEVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan progres tol Permai berjalan relatif cepat. Perusahaan juga berupaya menyelesaikan pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai (Permai) dengan tepat waktu dan mutu yang baik. Ruas tol sepanjang 131 km ini terbagi menjadi enam seksi dan ditargetkan selesai pembangunan konstruksinya sebelum Mudik Lebaran 2020.

"Jalan tol Permai mulai dibangun pada tahun 2017, dan kita selesaikan segera sehingga dapat digunakan masyarakat pada Mudik Lebaran tahun ini. Pembangunannya bisa dikatakan sudah cepat. Saat ini progress total 90% lebih," jelas Fauzan.

Ruas ini juga menjadi begitu istimewa karena selain diperuntukkan bagi kendaraan roda empat, disediakan pula tak kurang dari lima perlintasan underpass khusus untuk hewan besar khas Sumatera, yaitu gajah. Jalan tol ini memang melewati habitat gajah di Kabupaten Bengkalis.

Underpass disiapkan agar jalur jelajah gajah tidak terputus, dengan demikian biodiversity Sumatera akan terpelihara. Untuk merancang jalur perlintasan gajah melalui underpass tersebut, Hutama Karya berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga melakukan tinjauan ke tol ruas Permai. Menyusuri jalan tol mulai dari gerbang tol Pekanbaru yang berada di seksi 1 hingga seksi 6 di Dumai. Basuki menilai dari progress yang sudah ada, jalan tol Permai dipastikan dapat digunakan pada saat mudik lebaran 2020.



Pada kesempatan yang sama, Menteri Basuki mengapresiasi kerja keras dan kerja cerdas Hutama Karya Grup yang telah berkolaborasi menghadirkan karya terbaik Hutama Karya di Sumatera.

"Satu lagi produk HK di Sumatera.. Setelah tol Terpanjang, sekarang.. tol dengan kualitas lebih baik. Selamat bekerja," kata Basuki.


[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading