Awal 2020 Nissan Setop Produksi Datsun di RI, Ada PHK?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
20 February 2020 15:47
Kemenaker menegaskan belum ada laporan PHK soal keputusan Nissan menghentikan produksi Datsun di Indonesia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar soal gelombang PHK sempat berhembus kembali menyusul rencana Indosat mem-PHK 600 lebih pekerjanya. Tahun lalu kabar semacam ini juga bergulir, antara lain datang dari Nissan Indonesia, produsen mobil asal Jepang, sebagai rencana bisnis global mereka.

Pihak Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) mengklaim belum ada dampak pada PHK pekerja Nissan di Indonesia. Meskipun diakui, bahwa ada produk PT Nissan Motor Indonesia yang sudah berhenti produksi sejak awal tahun ini, yaitu Datsun yang merupakan segmen LCGC.

"Di Nissan ada produk Datsun, akhir Januari 2020 menurut info dari manajemen stop produksi. Ada sekitar 1.000 karyawan. Namun karyawan tersebut tetap upahnya berjalan. Hak dan kewajiban berjalan," sebut Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPPHI) Kemnaker, John Daniel Saragih kepada CNBC Indonesia, Rabu (19/2)




Namun, ia tidak menyebut secara detil, kewajiban apa yang dikerjakan oleh para pekerja, meskipun produk jenis Datsun kini tidak lagi diproduksi. Kemudian sekali lagi ia memastikan, tidak ada PHK kepada para pekerja terkait tutupnya produksi Datsun. 

"Bicara mengenai Nissan memang ada isu di tingkat global ada PHK. Terus terang semalam koordinasi dengan manajemen Nissan tidak ada PHK," sebutnya.

Daniel juga mengklaim hingga kini belum ada laporan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) di tingkat Provinsi maupun Kota dan Kabupaten mengenai PHK dari Nissan tersebut. Namun, jika pun nantinya ada, proses yang didahulukan akan lebih mengutamakan dialog di internal perusahaan.

"Proses di internal mereka sesuai Undang-Undang No 136 dilakukan musyawarah mufakat. Musyawarah seperti apa. Seperti di Nissan ada serikat pekerja SPNI sehingga musyawarah mufakat mereka," sebutnya.

Nissan Motor Indonesia (NMI) menghentikan produksi mobil Datsun Go pada Januari 2020. Di Indonesia Datsun punya tiga model produksi lokal yaitu Go, Go+, dan Cross. Khusus Go dan Go+ di segmen Low Cost Green Car/LCGC).

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika, sempat mengatakan ada persoalan penjualan Datsun yang tak mencapai skala ekonomi. "Masalah persaingan produk dimana penjualan Datsun Go di bawah skala ekonominya," kata Putu Juli kepada CNBC Indonesia, Senin (25/11/2019).

Pihak Nissan melalui Head of Communication NMI Hana Maharani beberapa waktu lalu sempat merespons secara diplomatis. Ia mengatakan perusahaan sedang merencanakan optimalisasi yang meliputi penyelarasan operasi bisnis dan organisasi. Termasuk juga optimalisasi produksi.

"Kami menegaskan bahwa Nissan terus berkomitmen kepada pasar dan pelanggan di Indonesia," kata Hana kepada CNBC Indonesia akhir November 2019.

Ia mengatakan, sebagai bagian dari rencana tersebut, Nissan melakukan sejumlah langkah yang memastikan pertumbuhan perusahaan di masa depan.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading