Ini Claus Wamafma, Putra Papua Pertama Jadi Direksi Freeport

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 February 2020 20:39
BUMN menempatkan Claus Wamafma Jadi Direksi Freeport, ini sosoknya

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menempatkan putra Papua pertama untuk menjadi direktur di PT Freeport Indonesia. Sosok tersebut adalah Claus Wamafma, yang sudah menjalani karir selama 20 tahun terakhir di perusahaan tersebut.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan posisi terakhir yang diisi oleh Claus adalah SVP yang membawahi CSR, partnership fund dan community development.

"Yang seru Claus Wamafma, dia putera Papua sudah berkarir 20 tahun di Freeport dan diusulkan jadi direksi mewakili Mind ID. Sebelumnya dia SVP membawahi CSR, partnership fund dan community development. Dia adalah direktur orang Papua asli yang berkarir dari bawah, direktur pertama orang Papua," kata Arya di Kementerian BUMN, Senin (17/2/2020).

Siapa sebenarnya Claus Wamafma?

Pria bernama lengkap Claus Oscar Ronald Wamafa ini memulai karirnya pada 1999 di Freeport Indonesia melalui graduate program. Karirnya terus menanjak dan pada 2011 ditempatkan sebagai Supply Chain-Warehouse & Distribution Manager pada 2011 hingga 2014.

Di 2014, dia naik jabatan menjadi VP Community Development dan jabatan itu ditempatinya selama empat tahun. Hingga posisi terakhirnya sebagai SVP selama dua tahun terakhir.

Ini Claus Wamafma, Putra Papua Pertama Jadi Direksi FreeportFoto: Direktur PT Freeport Indonesia, Claus Wamafma (Dok. Kementerian BUMN)




Pria kelahiran Manokwari, 23 Juni 1973 ini mengenyam pendidikan dasar hingga menengah pertama di Fakfak dan pendidikan menengah atasnya di Jayapura.

Kemudian dia melanjutkan pendidikan teknik industri di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan meraih gelar master di universitas yang sama dengan gelar MBA.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading