Monas Punya Stasiun MRT Bawah Tanah, Mulai Dibangun Maret

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
17 February 2020 12:11
Kawasan Monas akan punya stasiun MRT Jakarta.
Jakarta, CNBC Indonesia - Stasiun MRT Monas mulai dibangun pada Maret 2020. Pembangunan tersebut masuk dalam paket kontrak proyek MRT Fase II CP201 yang dikerjakan kontraktor Shimizu-Adhi Karya JV (SAJV), meliputi terowongan dan dua stasiun bawah tanah, yaitu Stasiun Monas & Thamrin.

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim, menjelaskan bahwa desain stasiun sudah memperhatikan berbagai aspek termasuk lingkungan dan cagar budaya. Stasiun ini seluruhnya berada di bawah tanah, kecuali pintu masuk dan keluarnya yang disiapkan di permukaan.

"Jadi nanti ada pintu masuk utama akan ditempatkan di sisi Tenggara dari Monas itu sendiri," ujarnya di Stasiun MRT Bundaran HI, Senin (17/2/20).




Ia menjelaskan, rencananya dari permukaan, kawasan Monas tidak akan terlihat keberadaan stasiun tersebut. Ini seperti yang ada di Stasiun MRT Bundaran HI yang juga dikerjakan di bawah tanah.

"Dan desain pun telah dibuat sedemikian rupa bahwa tidak akan mengganggu pandangan ataupun visual dari Monas itu sendiri," urainya.

Silvia menegaskan, jika terdapat konstruksi yang berdampak pada area permukaan, dipastikan akan dilakukan penghijauan kembali. Selain itu, nantinya akan disiapkan akses penumpang yang terhubung masuk ke dalam kawasan Monas.

Sementara itu, rencana gelaran Formula E di Monas juga jadi perhatian. Dia tidak ingin ada benturan proyek yang saling mengganggu satu sama lain.

"Kita sudah berkoordinasi detail dengan tim dari Formula E. Supaya baik kegiatan dari Formula E, tidak berdampak ke konstruksi. Begitu pun juga kita, konstruksi tidak berpengaruh dengan kegiatan Formula E," katanya.


[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading