Internasional

Setelah Raja Arab & Trump, Xi Jinping Telpon Jokowi! Ada Apa?

News - Muhammad Choirul, CNBC Indonesia
13 February 2020 07:17
Presiden China Xi Jinping menelepon sejumlah petinggi negara. Kini ia menelepon Presiden Jokowi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden China Xi Jinping dikabarkan menelepon Presiden RI Joko Widodo, Senin (11/2/2020). Hal yang jarang tersebut, dilakukan di tengah maraknya penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 di negeri Tirai Bambu itu.

Sebagaimana dilaporkan Xinhua, dalam komunikasi suara itu, Xi menyatakan keyakinannya bahwa China bisa menang melawan corona tanpa gangguan baik di sisi ekonomi maupun sosial. Presiden Xi juga mengatakan penghargaan atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan RI pada China.




Xi mencerminkan persahabatan Indonesia dengan dukungan pada China sebagai mitra strategis yang komprehensif. Xi pun mengatakan teman adalah mereka yang ada saat teman lain membutuhkan. Ini pun sudah dicontohkan Indonesia.

"Sejak epidemi meletus, negara-negara tetangga China, termasuk Indonesia, telah memberikan dukungan yang berharga bagi China dalam berbagai cara," katanya.

"[Ini] memberikan kesaksian bahwa mereka sebagai tetangga telah saling berbagi dalam kesusahan dan kesengsaraan, bertahan bersama-sama melalui kesulitan dan saling membantu satu sama lain di masa-masa sulit."

"China dan Indonesia, keduanya negara berkembang, harus bergandengan tangan memikul tanggung jawab (sebagai) negara-besar dan mencapai kemajuan baru," kata Xi lagi.

"China siap untuk terus melanjutkan persahabatan tradisional (dan) bertetangga dengan baik dengan Indonesia ... dan mengimplementasikan proyek-proyek utama pada pembangunan bersama Belt and Road, seperti Jakarta-Bandung High- Speed Railway, untuk membawa lebih banyak manfaat bagi kedua pihak."



Sebelumnya Xi juga sempat menelepon Raja Salman bin AbdulAziz dari Arab Saudi dan Presiden AS Donald Trump, guna membahas hal yang sama, yakni corona. Ia meyakinkan kedua negara bahwa China akan lakukan upaya keras untuk memerangi corona.

Hal ini juga diamini Presiden Jokowi.

"Jadi tadi malam sentengah 8 saya bicara melalui telepon dengan Presiden RRT Xi Jinping. Yang pertama saya sampaikan duka cita. Simpati terhadap para korban virus korona yang ada Tiongkok," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (12/2).

Selain itu, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia akan selalu bersama dengan China termasuk dalam masa sulit.

"Saya juga sampaikan bahwa Indonesia yakin RRT bisa menyelesaikan masalah virus corona dalam waktu secepat-cepatanya. Itu kira-kira yang saya sampaikan ke Presiden Xi Jinping. Dan saya menawarkan apabila diperlukan bantuan-bantuan untuk mempercepat penanganan, saya sampaikan Indonesia siap untuk berikan bantuan," jelas Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading