Internasional

Muncul ke Publik & Xi Jinping Sanjung Jokowi, Ada Apa?

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
12 February 2020 08:55
Presiden China Xi Jinping beri penghargaan atas kepercayaan dan pengertian RI.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden China Xi Jinping dan Presiden RIĀ Joko Widodo dikabarkan melakukan komunikasi via telepon, Senin (11/2/2020).

Sebagaimana dilaporkan Xinhua, di kesempatan tersebut Xi menyatakan keyakinannya penuh bahwa negerinya bisa menang melawan corona tanpa menganggu ekonomi dan sosial negeri tersebut.





Xi bahkan mengatakan penghargaan atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan RI pada China.

Dalam percakapan telepon dengan Presiden Joko, Xi mencerminkan persahabatan Indonesia dengan dukungan pada China sebagai mitra strategis yang komprehensif.

"China dan Indonesia, keduanya negara berkembang utama, harus bergandengan tangan memikul tanggung jawab negara-negara besar dan mencapai kemajuan baru," ujar Xi sebagaimana dikutip media China tersebut.

China, kata dia, siap melanjutkan proyek dengan Indonesia terutama mengimplementasikan proyek Belt and Road, seperti Kereta Cepat Bandung-Jakarta.


Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama baru untuk virus corona yang mematikan asal Wuhan, China, pada Selasa (11/2/2020). Virus yang sebelumnya disebut 'penyakit pernafasan akut 2019-nCoV' itu, kini memiliki nama resmi "COVID-19".

Per Rabu pagi ini, virus itu telah menewaskan 1.110 orang setelah provinsi Hubei melaporkan 94 kematian baru. Sementara itu jumlah kasus baru juga terus meningkat.

"Ada 1.638 kasus baru di provinsi pusat," kata komisi kesehatan Hubei dalam laporan hariannya, mengutip laporan AFP, Rabu.

Ini menjadikan total kasus di China mencapai lebih dari 33.000 kasus. Sedangkan jika menghitung dalam skala global, kasus virus korona yang dikonfirmasi sekarang setidaknya 44.138 kasus, menurut CNN International. Di mana penyebarannya telah mencapai 26 negara, mulai dari Thailand, Singapura, hingga ke Jerman dan Amerika Serikat (AS).


[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading