Jokowi Buka-Bukaan Isi Obrolan dengan Xi Jinping via Telepon

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
12 February 2020 22:07
Jokowi Buka-Bukaan Isi Obrolan dengan Xi Jinping via Telepon
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi sempat melakukan sambungan telepon Jakart-Beijing dengan Presiden China Xi Jinping, pada Selasa malam (11/2). Ia mengungkapkan beberapa pembahasan dengan Xi Jinping.

"Jadi tadi malam sentengah 8 saya bicara melalui telepon dengan Presiden RRT Xi Jinping. Yang pertama saya sampaikan duka cita. Simpati terhadap para korban virus korona yang ada Tiongkok," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (12/2)

Selain itu, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia akan selalu bersama dengan China termasuk dalam masa sulit.




"Saya juga sampaikan bahwa Indonesia yakin RRT bisa menyelesaikan masalah virus corona dalam waktu secepat-cepatanya. Itu kira-kira yang saya sampaikan ke Presiden Xi Jinping. Dan saya menawarkan apabila diperlukan bantuan-bantuan untuk mempercepat penanganan, saya sampaikan Indonesia siap untuk berikan bantuan," jelas Jokowi.

Sementara itu, Presiden Xi Jinping mengatakan penghargaan atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan RI pada China seperti dilaporkan media China Xinhua.

Dalam percakapan telepon dengan Presiden Joko, Xi mencerminkan persahabatan Indonesia dengan dukungan pada China sebagai mitra strategis yang komprehensif.

"China dan Indonesia, keduanya negara berkembang utama, harus bergandengan tangan memikul tanggung jawab negara-negara besar dan mencapai kemajuan baru," ujar Xi.

China, kata dia, siap melanjutkan proyek dengan Indonesia terutama mengimplementasikan proyek Belt and Road, seperti Kereta Cepat Bandung-Jakarta.


[Gambas:Video CNBC]





(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading