Internasional

Beijing-Taipei Panas, Pesawat Bomber China Melintasi Taiwan

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
11 February 2020 06:57
Pesawat pengebom China H-6 dan pesawat tempur J-11 dikabarkan mendekat ke Taiwan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kondisi China dan Taiwan sepertinya kian memanas. Dari laporan AFP, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan setidaknya sebuah pesawat pengebom milik China H-6 melintasi wilayah Taiwan, Senin (10/2/2020).

Masuknya H-6 tersebut, merupakan kedua kalinya. Bukan hanya itu, pesawat tempur China J-11 dikabarkan juga terbang di dekat pulau Formosa itu.


"Untuk hari kedua, pesawat tempur 3PLAAF terbang mendekati #Taiwan ... Dengarkan, pembom H-6 tidak akan berguna melawan #Coronavirus," ujar Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu di akun Twitternya.


Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengecam langkah ini. Apalagi keduanya kini tengah menghadapi wabah corona.

"Saya ingin mengingatkan pemerintah China bahwa langkah ini sesungguhnya tidak berarti bahkan tidak perlu, (apalagi_ membuat gerakan militer pada saat wabah corona Wuhan (muncul)," tegasnya melalui akun Facebook.


Sementara itu, Taiwan juga dikabarkan mengerahkan angkatan udaranya untuk mencegat China. Jet tempur dikerahkan untuk membuat pesawat-pesawat itu pergi.

Meski demikian belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah China soal ini.

Sebelumnya, Maret 2019 dua jet tempur J-11 melintas pertama kalinya di atas langit Taiwan. Akibatnya, Taiwan menuding Beijing melanggar perjanjian dan bertindak provokatif.

Pemerintah China menolak mengakui Taiwan dan menganggapnya bagian dari "satu China". Desember lalu, sesaat sebelum pemilihan Presiden Taiwan digelar, kapal induk China Shandong juga berlayar melalui Selat Taiwan untuk kedua kalinya.

Sebagaimana ditulis AFP, China masih melihat pulau demokrasi tersebut sebagai bagian dari wilayahnya. Bahkan bersumpah akan merebutnya bahkan dengan cara paksa.

[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading