China-Taiwan Kembali Memanas, Saling Adu Pesawat Tempur

News - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
10 February 2020 19:21
Ini setelah pesawat pembom China H-6 dan pesawat yang menyertai pesawat pembom itu melintasi
China Taipei, CNBC Indonesia - Belakangan tensi antara Taiwan danĀ China kembali memanas. Ini setelah pesawat pembom China H-6 dan pesawat yang menyertai pesawat pembom itu melintasi "garis median" di Selat Taiwan, beberapa waktu lalu.

Setelah itu, Taiwan mengambil tindakan dengan 'menyerang' pesawat pembom China H-6, juga dengan menggunakan jet tempur. Serangan besar itu merupakan yang pertama sejak Presiden Tsai Ing-wen terpilih pada Januari 2020 lalu. Demikian dilaporkan kantor berita AFP, Senin (10/2/2020).

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan pesawat pembom itu kembali ke wilayah udara China usai 'serangan'. Ini setelah jet tempur China mengambil langkah responsif dan terukur seraya meminta pesawat China untuk kembali.


Kendati demikian, Kementerian Pertahanan Taiwan tidak menyebut berapa banyak dan jenis pesawat yang melintasi "garis median".



Sebelumnya pada Maret lalu, dua jet tempur J-11 China melintasi "garis media" untuk pertama kali dalam beberapa tahun. Hal itu membuat Taipei menuduh Beijing melanggar perjanjian yang telah lama dilakukan dalam serangan "gegabah dan provokatif".

Sementara itu, China telah meningkatkan jumlah penyeberangan kapal perang di dekat Taiwan atau melalui selat sejak Presiden Tsai Ing-wen pertama kali terpilih pada 2016. Pemerintah Ing-wen menolak mengakui Taiwan adalah bagian dari "One China".

Kemudian pada Desember, sesaat sebelum pilpres, kapal induk China berlayar melalui Selat Taiwan untuk kedua kalinya. Shandong, kapal induk pertama yang dibangun di dalam negeri China, juga melintasi selat itu pada November. Hal itu memicu kekhawatiran dari Kedutaan Besar AS di Taiwan.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading