Obat Anti-HIV Bisa Sembuhkan Pasien Virus Corona?

News - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
03 February 2020 11:53
Salah seorang dokter di Thailand mengaku merawat pasien dengan menggunakan obat yang biasa dipakai untuk menyembuhkan penderita HIV dan flu.
Bangkok, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan Thailand mengonfirmasi dokter di Negeri Gajah Putih sukses menyembuhkan penderita virus corona dengan menggunakan kombinasi obat yang kerap digunakan dalam merawat penderita HIV dan flu. Demikian penjelasan Kemenkes Thailand seperti dilaporkan kantor berita AFP, Senin (3/2/2020).

Salah seorang dokter di Rumah Sakit Rajavithi di Bangkok, Dokter Kriangsak Atipornwanich mengaku merawat seorang pasien wanita berusaia 71 tahun yang tiba dari China dengan menggunakan obat yang biasa dipakai untuk menyembuhkan penderita HIV dan flu. Sebelum itu, Dokter Kriangsak merawat pasien dengan menggunakan obat anti-HIV.

"Saya telah merawat seorang pasien dengan kondisi parah dan hasilnya sangat memuaskan. Kondisi pasien membaik dengan sangat cepat dalam waktu 48 jam. Hasil tes juga berubah dari positif menjadi negatif dalam waktu 48 jam," kata Atipornwanich.




Pada pekan lalu, Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases Anthony Fauci menyatakan belum ada obat yang terbukti efektif untuk mengobati penderita virus corona.

Namun, rumah sakit di Beijing melaporkan bahwa mereka juga menggunakan obat yang sama yang diberikan kepada pasien HIV-AIDS untuk pengobatan coronavirus Wuhan. Walau demikian, belum jelas apakah cara tersebut telah berhasil.

Seperti diketahui, masyarakat dunia yang terjangkit dan meninggal dunia akibat virus corona dari hari ke hari semakin meningkat. Per Senin (3/2/2020), tercatat jumlah kasus menembus 16.000 kasus dengan korban tewas sebanyak 361 orang.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading