Sri Mulyani: Virus Corona Menekan Pariwisata RI

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
29 January 2020 19:23
Sri Mulyani: Virus Corona Menekan Pariwisata RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan virus corona memberikan dampak bagi Indonesia terutama ke sektor pariwisata. Sebab, selama ini wisatawan asing yang paling banyak berkunjung ke Indonesia adalah China.

Apalagi dengan adanya virus ini, semua penerbangan dari dan ke China ditutup oleh Indonesia, karena waspada akan penyebaran virus masuk ke dalam negeri.

Jika jumlah wisatawan menurun maka akan berdampak juga pada perekonomian dalam negeri. Karena pada tahun ini pemerintah ingin menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor prioritas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.


"Sektor pariwisata tentu akan terpengaruh dan ini yang mungkin harus diwaspadai karena kan kita selalu mengatakan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang kita andalkan," ujarnya di Hotel Ritz Carlton, Rabu (29/1/2020).

Namun, tidak hanya Indonesia, semua negara yang mempunyai hubungan perdagangan dengan China akan ikut berdampak. Ketidakpastian pun mulai terlihat dari para investor terhadap semua negara yang kemungkinan akan terkena pencemaran virus tersebut.

Apalagi, hingga saat ini belum ada penjelasan utama bagaimana cara penularannya, seberapa cepat inkubasinya dan bagaimana pengaruhnya jika terkena virus tersebut.

"Sampai ini tidak dijelaskan memang akan menimbulkan suasana di mana seluruh respons indikator biasanya menjadi konservatif, lebih wait and see," jelasnya.
(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading