Pertamina Siap IPO Anak dan Cucu Usaha Tahun Ini

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
29 January 2020 13:31
Pertamina siap IPO anak usaha di tahun ini
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) memiliki ratusan anak dan cucu usaha yang beroperasi. Untuk efisiensi, induk BUMN Migas ini tengah bersiap melepas bisnis anak usahanya tersebut, bahkan ada yang akan dilepas ke pasar saham.

Hal ini diungkap oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dalam rapat dengar pendapat di Komisi VII DPR RI.

Nicke menjelaskan soal status anak dan cucu usahanya ada yang bergerak di bidang hulu dan bidang hilir. Untuk sektor hulu, anak usaha dan cucu usaha memang dibentuk untuk memenuhi ketentuan regulasi.


"Kita sudah inventarisir, di setiap wilayah kerja ada satu perusahaan, 80% dibentuk karena regulasi, kedua untuk kelistrikan atau IPP yang dibentuk sendiri," ujarnya, Rabu (29/1/2020).

[Gambas:Video CNBC]


Sementara untuk yang di hilir, memang bukan dibentuk karena regulasi dalam kaitannya dengan Pertamina berdasarkan blueprint yang dibuat oleh Kementerian BUMN. Nantinya, ini akan dibentuk holding di mana operasional akan lebih banyak dikelola anak perusahaan. Nah, soal ini, Pertamina pun mempertimbangkan opsi IPO atau pelepasan saham ke publik untuk anak usaha.

"Namun demikian kami melakukan kajian mana yang kami bisa lakukan IPO, jadi ini sudah kami detailkan sudah kami sampaikan ke komisaris dan akan mulai kami lakukan corporate action ini di triwulan kedua tahun 2020," paparnya.

Nicke berharap hasil konsultasi dengan komisaris terkait rencana ini bisa berjalan lancar, sehingga aksi korporasi ini bisa segera dieksekusi.


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading