Ini Alasan Taipan Tan Kian Diperiksa Dalam Skandal Jiwasraya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
28 January 2020 11:10
Penjelasan disampaikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah buka suara terkait pemeriksaan taipan properti Tan Kian, kemarin.

Menurut Febrie, Ketua KSO Duta Regency Karunia Metropolitan Kuningan Properti itu memiliki benang merah dengan tersangka kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), yaitu Direktur Utama PT Hanson Internatonal Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro.

"(Ada) KSO (Kerja Sama Operasional). Jadi dia ada kerja sama. Tanahnya tanah Bentjok (Benny Tjokrosaputro), direktur utama PT Hanson International Tbk (MYRX), bangun apartemen," kata Febrie di gedung Kejagung, Senin (27/01/2020) malam.


Ia tidak membeberkan secara detail nama apartemen yang dimaksud. Namun, dia memberi clue jika apartemen tersebut dibangun di Kuningan, Jakarta Selatan. Dugaannya mengarah ke apartemen South Hill yang sempat disebut-sebut sejak pekan lalu.



"Itu ada 500 unit apartemen. Satu unit nilainya sekitar Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar, kali 500 di daerah kuningan," ungkap Febrie.

"Yang kita pengin tau pasti, kembaliin dong kalau yang menjadi hak negara," lanjutnya.

Tidak diketahui kapan pemeriksaan Tan Kian dimulai. Namun, berdasarkan pantuan CNBC Indonesia, ia baru keluar dari Gedung Bundar pada pukul 10.02 WIB. Sayangnya, ia tidak menjawab pertanyaan media dan langsung masuk ke Mobil Mercedes Benz berwarna silver dengan plat B 1 AFS.

Jejak Tan Kian dalam dunia properti memang mentereng. Dia dikenal sebagai salah satu taipan properti di Indonesia melalui Grup Dua Mutiara. Banyak proyek Tan Kian berada di jantung bisnis Jakarta seperti Pacific Place, JW Marriot, dan Ritz Carlton. Dalam catatan CNBC Indonesia, Tan Kian bermitra dengan Hanson dalam menggarap Millenium City di Serpong.

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading