Ini Kondisi WNI di Wuhan yang Terisolasi Akibat Virus Corona

News - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
27 January 2020 19:43
Sampai detik ini tak ada warga negara Indonesia (WNI) di China yang terjangkit wabah 2019-nCoV
Jakarta, CNBC Indonesia - Sampai detik ini tak ada warga negara Indonesia (WNI) di China yang terjangkit wabah 2019-nCoV atau yang dikenal sebagai virus corona. Namun bagaimana kondisi WNI di China khususnya di Wuhan?

"Saat ini seluruh WNI tersebut dalam keadaan baik, sehat dan tidak ada yang terjangkit 2019-nCoV," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Teuku Faizasyah di Kantor Kemenlu, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Menurut Faizasyah, total jumlah WNI yang tinggal di daerah yang di karantina mencapai 243 jiwa dan mayoritas dari mereka merupakan mahasiswa. Lokasi para WNI tersebar di sejumlah daerah, termasuk Wuhan yang menjadi pusat wabah virus corona, serta Xianing, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan.


Dia mengatakan, pihak Kemlu RI, serta KBRI Beijing dan Perhimpunan Pelajar Indonesia di China terus melakukan komunikasi melalui grup di aplikasi WeChat guna memonitor keadaan WNI dan mengupayakan pasokan bantuan logistik yang diperlukan.

KBRI Beijing juga sedang mengupayakan bantuan logistik bagi WNI yang berada di daerah Karantina. Koordinasi dengan otoritas RRC mengenai bantuan logistik sedang dilakukan.

Guna merancang secara lebih detail upaya tambahan yang perlu diambil, pada Minggu 26 Januari 2020 telah diadakan video conference antara Kemlu, Kemenkes, KBRI Beijing, KJRI Shanghai, KJRI Guangzhou, KJRI Hong Kong dan KDEI Taipei.

Video conference juga membahas rencana kontijensi dan langkah-langkah koordinasi dengan Otoritas RRC mengenai opsi evakuasi WNI. Komunikasi juga dilakukan dengan perwakilan asing di RRC yang kemungkinan akan mengambil opsi serupa.

Kemenlu meminta perhatian WNI yang berada di RRC agar meningkatkan kehati-hatian dan melakukan langkah pencegahan, yaitu dengan cara menjaga stamina, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, menggunakan masker, menghindari keramaian, selalu menjalin komunikasi dengan Perwakilan Rl terdekat secara online melalui aplikasi Portal Peduli WNI (peduliwni.kemlu.go.id).

Himbauan bagi WNI yang berada di dalam negeri agar mempertimbangkan kembali rencana perjalanan ke RRC serta bijak dalam menyaring dan menyikapi informasi yang beredar terkait wabah virus 2019-nCoV. Selalu rujuk informasi resmi dari Pemerintah Indonesia antara lain, Kemlu; Kemenkes; dan Perwakilan RI.


[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading