Terawan: Saya Jujur, Sampai Detik Ini RI Negatif Corona

News - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
27 January 2020 12:24
Penyebaran virus corona kini semakin luas.
Jakarta, CNBC Indonesia - Penyebaran virus corona kini semakin luas. Disinyalir, virus yang ditemukan Desember lalu di kota Wuhan, China telah menewaskan 80 orang dan kasusnya telah mencapai lebih dari 2.300 di China daratan saja pada Senin (27/1/2020).

Virus yang mirip Server Acute Respiratory Syndrome (SARS) ini telah menyebar di sekitar 13 negara dunia, termasuk negara-negara tetangga Asia seperti Thailand dan Singapura, hingga ke Perancis dan Amerika Serikat (AS).

Terkait hal ini, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun angkat bicara. Dia memastikan bahwa di Indonesia hingga saat ini tidak ada pasien Virus Corona.


"Ini dalam rangkaian tidak ada suspect yang ada kita mengikuti prosedur kesehatan. Dan kita jujur apa adanya jika datanya ya berarti ya bila tidak ya tidak," ujar Terawan.

Dia pun menuturkan dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pada pasien suspect Corona adalah negatif. Hal ini bukan tanpa sebab karena pemeriksaan telah dilakukan dengan sangat akurat oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

"Ya negatif semua sampai detik ini semua negatif. Ada datanya itu semua dari balai pemeriksaan kesehatannya paling akurat disana," papar nya.

Selanjutnya, ketika ditanya soal rapat koordinasi dengan lembaga terkait untuk meminimalisir potensi virus corona, Terawan mengatakan belum ada pembahasan lebih lanjut.

"Belum, nanti tunggu saya dengan Menhub, dengarkan nanti juga dengan Kemlu dan sebagainya," tutur dia.



[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Ngebut, China Bangun Rumah Sakit Khusus Corona


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading