Virus Corona Mengganas, Ini Langkah-langkah Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 January 2020 11:51
Virus Corona Mengganas, Ini Langkah-langkah Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus corona.

Melalui akun Twitter pribadinya @jokowi, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (27/1/2020), Jokowi menyebut beberapa negara di kawasan Asia Tenggara telah mengonfirmasi masuknya virus corona.

Foto: Pencegahan Virus Corona (Twitter @jokowi)



"Namun, sejauh ini belum terdapat indikasi menyebarnya virus tersebut di Indonesia," kata Jokowi, dalam unggahannya.

Meski demikian, hal tersebut tidak menjadikan pemerintah abai. Jokowi mengaku telah menginstruksikan kepada Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto untuk mengantisipasi penyebaran wabah tersebut.

"Sebagai langkah preventif, pemerintah telah memperketat pengawasan di bandara untuk mendeteksi dan memantau penumpang yang datang, terutama dari negara yang diperkirakan telah mengonfirmasi kehadiran virus baru ini," jelasnya.



"Sebanyak 135 thermo scanner telah diaktifkan di 135 pintu masuk negara baik darat, laut, maupun udara," kata Jokowi.

Tidak hanya itu, pemerintah juga menyiapkan 100 rumah sakit rujukan dengan fasilitas ruang isolasi terhadap pasien dengan gejala penyakit paru-paru dan saluran pernapasan lain, seperti RSPI Sulianto Saroso di Jakarta dan rumah sakit lainnya.

Sebagai informasi, virus corona telah membuat geger warga dunia. Sebab, selain dapat menyebar dengan sangat cepat, virus itu juga telah menyebabkan kematian pada banyak orang di beberapa negara dunia, utamanya di China. Sampai dengan hari ini, virus itu telah menyebar di 13 negara dan menyebabkan 80 orang meninggal dunia.

[Gambas:Video CNBC]



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading