Waspada Virus Corona, Ini 4 Instruksi Jokowi ke Menhub

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
27 January 2020 11:19
Penyebaran virus corona yang kian mengkhawatirkan membuat Presiden Joko Widodo memberikan instruksi kepada para pembantunya.

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyebaran virus corona yang kian mengkhawatirkan membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi kepada para pembantunya. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengaku sudah mendapat instruksi ini.

"Sejak tadi malam, Pak Presiden melalui Pak Mensesneg minta saya untuk melakukan intensifikasi penanggulangan itu," kata Budi Karya, ketika ditemui di sela menghadiri acara di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (27/1/20).

Karena itu, dia meneruskan instruksi tersebut kepada para pihak terkait. Budi Karya menjelaskan, setidaknya ada 4 langkah yang diambil untuk menindaklanjuti arahan Jokowi.

Pertama yakni menginstruksikan kepada seluruh operator bandara dan pelabuhan untuk meningkatkan pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut, lanjutnya, harus dilakukan dengan sopan dan santun.



Kedua, dia meminta semua petugas di bandara dan pelabuhan agar menggunakan masker. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir potensi petugas tertular virus tersebut ketika bekerja.

"Yang ketiga kita minta segala sesuatu yang ada di lapangan harus dilakukan dengan segera dan dengan apik," tandasnya.

Selanjutnya, poin keempat, Budi Karya mengundang Kementerian/Lembaga terkait untuk menggelar rapat koordinasi.

"Keempat, nanti jam 12 saya mengundang Menlu, Menkes, Menpar, Dirjen Imigrasi, Dirjen Bea Cukai, seluruh operator bandara dan pelabuhan," bebernya.


[Gambas:Video CNBC]




(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading