Selain Virus Corona, Ini Virus dari China yang Hebohkan Dunia

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 January 2020 20:03
Jakarta, CNBC Indonesia - Wabah virus baru asal Wuhan, China, yang disebut virus Corona atau Novel 201 Coronavirus (2019-nCoV) telah menggemparkan dunia.
 
Pasalnya, sejak pertama kali diidentifikasi pada Desember lalu, penyakit ini telah dengan cepat menyebar ke berbagai negara mulai dari Jepang, Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam hingga Amerika Serikat (AS).
 

Parahnya, virus yang disebut berasal dari keluarga virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) ini telah menewaskan 26 orang dan menjangkiti 830 orang di China saja per Jumat (24/1/2020).
 
Pemerintah China bahkan belum mengetahui secara pasti dari mana virus ini berasal. Mereka baru bisa menduga bahwa virus corona kemungkinan berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan (Huanan Seafood Market) yang terletak di pusat kota Wuhan.
 
Apalagi sejumlah penderita awal yang terjangkit virus Novel 201 Coronavirus (2019-nCoV) itu adalah karyawan pasar makanan tersebut.
 
"Pihak berwenang percaya virus itu kemungkinan berasal dari binatang buas di pasar makanan laut meskipun sumber pastinya masih belum ditentukan." kata Dr Gao Fu, direktur pusat pengendalian dan pencegahan penyakit China, sebagaimana dilansir dari The Straits Times, Kamis.
 
Namun ternyata dalam sejarahnya, sebelum virus corona, telah ada beberapa penyakit menular yang muncul dan berkembang pesat dari China dan sekitarnya dan menyebar ke seluruh dunia. Berikut diantaranya:
 
SARS

Sindrom pernapasan akut berat atau SARS, adalah penyakit pernapasan yang menular dan berpotensi menyebabkan kematian pada penderitanya, sebagaimana dilaporkan Medlineplus.
 
Penyakit ini pertama kali muncul di China pada November 2002 dan baru diidentifikasi pada Februari 2003. Sebelum bisa ditangani, SARS telah menyebar ke lebih dari 24 negara selama periode itu.
 
Mulai dari November 2002 hingga Juli 2003, penyakit SARS telah menelan 774 korban jiwa dan menjangkiti 8.098 orang di seluruh dunia.
 
SARS disebabkan oleh anggota keluarga virus coronavirus (keluarga dari virus yang dapat menyebabkan flu biasa). Virus ini diperkirakan dapat hidup selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun ketika suhu berada di bawah titik beku.

Orang yang terjangkit jenis virus coronavirus biasanya akan memberi tanda-tanda sakit berupa flu, batuk atau bersin biasa, yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

[Gambas:Video CNBC]





Flu Burung (H5N1)
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading