Internasional

Kabar Terbaru WHO Soal Corona, Darurat Global?

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
24 January 2020 08:59
Kabar Terbaru WHO Soal Corona, Darurat Global?
Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis (23/1/2020) menyebut coronavirus sebagai "keadaan darurat di China". Meski demikian WHO mengatakan agak terlalu dini untuk mempertimbangkan wabah itu sebagai "darurat global".

Hal ini ditegaskan Ketua Panel Komite Keadaan Darurat WHO, Didier Houssin setelah rapat khusus di Jenewa, Swiss. "Terlalu cepat," katanya sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (24/1/2020).


Meski demikian, Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, menegaskan bukan berarti pihaknya tidak menganggap penyebaran virus ini serius.


"Meskipun, ini darurat di China, ini belum menjadi darurat kesehatan global. Mungkin belum menjadi," katanya dikutip dari media yang sama.

Komite itu sendiri terdiri dari 16 ahli independen. Dalam pernyataan pers-nya WHO juga menegaskan tidak akan merekomendasikan larangan khusus berdagang atau bepergian ke China.

Virus ini awalnya berasal dari sebuah kota di China bagian tengah bernama Wuhan. Virus menunjukan gejala seperti flu dan awalnya dikira pneumonia ini menjangkit wilayah itu sejak Desember.

Sejak Januari, virus ini menjadi viral. Pasalnya jumlah penderitanya yang meningkat sangat cepat.

Di China, berdasarkan data Jumat ini, didapati sekitar 830 orang terjangkit virus corona dengan jumlah korban tewas mencapai 25 orang. China sendiri sudah mengisolasi Wuhan.

"Isolasi 11 juta orang (penduduk Wuhan) ini belum pernah terjadi dalam sejarah kesehatan masyarakat," kata perwakilan who DI china, Gauden Galea.

Kasus-kasus non-fatal pun telah ditemukan di setidaknya di beberapa negara lain. Yakni Thailand, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Vietnam dan Amerika Serikat (AS).



Terjadi pada Usia di Atas 40 Tahun

Sementara itu, Michael Ryan, kepala Program Kedaruratan Kesehatan WHO mengatakan, data dari China menunjukkan hampir tiga perempat dari kasus tersebut terjadi pada orang berusia di atas 40. Dengan sekitar 40% orang terkena virus karena kondisi kesehatan pada saat itu.

Gejala penyakit yang ditimbulkan virus corona awalnya seperti flu biasa. Namun bisa menyebar menjadi pneumonia dan mengakibatkan kematian jika tidak ditangani segera.

Seorang profesor kesehatan global dan direktur London School of Hygiene and Tropical Medicine, Peter Piot juga berpendapat bahwa wabah itu berada pada fase kritis.

Update Terbaru WHO Soal Corona, Darurat Global?Foto: Infografis/Mengenal Virus Corona dan Cara Mencegahnya/Edward Ricardo



[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading