Internasional

Waspada! 8 Negara Ini Konfirmasi Corona

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
24 January 2020 08:12
Jakarta, CNBC Indonesia - Virus corona, yang mirip Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS/Sindrome Pernapasan Akut Berat) ini, tengah membuat dunia panik. Pasalnya, per Jumat (23/1/2020), setidaknya sudah ada lebih dari 800 kasus corona di seluruh dunia.

Virus ini awalnya berasal dari sebuah kota diĀ China bagian tengah bernama Wuhan. Virus menunjukkan gejala seperti flu dan awalnya dikira pneumonia ini menjangkit wilayah itu sejak Desember.

Sejak Januari, virus ini menjadi viral. Pasalnya jumlah penderitanya yang meningkat sangat cepat.


Meski demikian, Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), mengatakan virus ini belum bersifat darurat. Sehingga tidak perlu dikategorikan sebagai darurat global, seperti virus SARS di 2002-2003 lalu.

Namun, kewaspadaan sebaiknya perlu ditingkatkan mengingat penyebaran virus ini yang sangat cepat. Berikut adalah daftar negara yang sudah mengkonfirmasi kasus corona virus di negerinya, sebagaimana ditulis AFP:

China
Mengingat China merupakan negara awal virus ini berasal, tentu kasus corona paling banyak menjangkiti warga negara Tirai Bambu itu. Bahkan, kota Wuhan tempat asal virus ini diisolasi untuk menahan penyebaran corona.

Semua transportasi masuk dan keluar dari kota itu dihentikan sementara. Per Jumat ini, kasus di China sudah bertambah menjadi 830 kasus dengan kematian mencapai 25 orang.

Bukan cuma Wuhan, penderita penyakit akibat virus corona juga terjadi di Hong Kong dan Makau. Di Hong Kong, dari data AFP, sekitar 1300 warga diperkirakan sudah terinfeksi.

Sementara di Makau, pemerintah setempat mengkonfirmasi dua kasus. Kasus pertama melibatkan seorang pengusaha wanita berusia 52 tahun yang baru saja tiba dari Wuhan.

Jepang
Pada 16 Januari, Kementerian Kesehatan Jepang mengkonfirmasi kasus pertamanya. Di mana seorang warga terjangkit virus corona setelah pulang dari Wuhan.

Beberapa hari setelahnya, Jepang pun mengkonfirmasi kasus kedua. Dari kantor berita Kyodo, pasien adalah seorang pria China yang hendak melakukan perjalanan ke Jepang.

Singapura
Pada Kamis kemarin, Singapura mengkonfirmasi seorang turis China terjangkit corona di Singapura. Ia tiba bersama keluarganya pada Senin lalu dan sudah diamankan petugas di negeri Singa itu.


[Gambas:Video CNBC]






Korsel, AS hingga Vietnam
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading