Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
23 January 2020 16:39
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan runway atau landasan pacu ke-3 Bandara Soekarno-Hatta.
Tangerang, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan runway atau landasan pacu ke-3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Peresmian tersebut dijadwalkan pada Kamis (23/1/20) sore ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dijadwalkan mendampingi Jokowi. "Sore ini, pak Menhub dijadwalkan akan mendampingi Bapak Presiden meresmikan runway ke-3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan, Kamis (23/1/20).

Runway ke-3 ini sebenarnya sudah beroperasi sejak akhir tahun 2019 lalu. Keberadaan landasan pacu baru ini diharapkan jadi solusi kepadatan lalu lintas udara.


"Diharapkan bisa menjadi solusi kepadatan aktivitas pergerakan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," katanya.



Saat ini Bandara memiliki tiga runway yaitu runway 1 yang terletak di Selatan serta runway 2 dan runway 3 di Utara. Berdasarkan data PT AP II, runway 3 Bandara Soetta dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat tinggi di Bandara tersebut.

Dengan adanya runway ke-3 yang berukuran 3000 x 60 meter ini, pergerakan pesawat di Bandara Soetta bisa meningkat dari semula 81 pergerakan pesawat per jam menjadi 114 pergerakan pesawat per jam baik lepas landas (take off) maupun pendaratan (landing).

Selain meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat, kecepatan dan pelayanan terhadap penumpang tentunya pembangunan runway ke-3 ini juga dapat meningkatkan keselamatan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bersamaan dengan pembangunan runway ke-3, PT Angkasa Pura II (Persero) juga membangun east connection taxiway yang menghubungkan runway selatan dan runway utara. Dimana pergerakan pesawat dari runway selatan menuju runway utara yang semula membutuhkan waktu 30 menit nantinya hanya sekitar 7 menit.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading