Bos PT Garam Buka-Bukaan Rugi Serbuan Garam Impor

News - Lidya Kembaren, CNBC Indonesia
21 January 2020 15:10
Garam impor menjadi sorotan pelaku produsen garam di dalam negeri termasuk PT Garam.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Garam (Persero) mengeluhkan rencana impor garam yang akan kembali dialokasikan oleh pemerintah. Apalagi impor garam tahun ini akan lebih besar dari tahun lalu. Alokasi impor garam tahun lalu hanya 2,75 juta ton, pada 2020 diperkirakan mencapai 2,95 juta ton.

Direktur Utama PT Garam Budi Sasongko mengatakan, impor garam yang semakin meningkat di tahun ini akan membuat harga garam lokal anjlok. Tentunya ini akan membuat petani garam Indonesia semakin menangis.

"Kemarin ada berita masih ada mengalokasikan impor (garam) di atas 2,5 juta ton, sehingga menjadi psikologis penurunan harga," ujarnya di Raung rapat Komisi IV, Selasa (21/1/2020).




Menurutnya, tidak hanya petani garam yang semakin susah tapi juga membuat PT Garam mengalami kerugian karena harga yang terus anjlok.

"PT Garam juga mengalami penurunan harga. Pada tahun ini PT Garam dari target rata-rata harga tahun yang lalu sekitar Rp 1.200 per kilogram, tahun ini hanya bisa menjual rata-rata Rp 600 luar biasa bahkan hari ini pun," jelasnya.

Oleh karenanya, ia menyarankan agar pemerintah saat ini bisa membuat harga acuan untuk garam seperti yang dilakukan untuk beras. Selain itu, PT Garam juga sebaiknya diberikan kewenangan untuk menyerap garam dari petani dan dikelola kembali sehingga bisa dijual lebih mahal.

"Harusnya pemerintah memberikan harga dasar untuk garam, kemudian dibeli oleh pengelola dan diproduksi kembali di gudang-gudang sentra produksi di Indonesia. Mekanisme ini akan bagus dan harga garam akan bagus," kata dia.

Ini lah gunanya PMN yang diberikan pemerintah kepada PT Garam. Dimana sebagian digunakan membangun gudang untuk memproduksi garam petani agar kualitasnya baik

"PMN kita gunakan bangun gudang yang sekarang sudah ada empat, ada tata niaga dan ada harga dasar akan membuat petani garam sejahtera. Bahkan kalau sudah diproduksi kembali kualitasnya bisa di atas 95% NaCl dan bisa jadi garam industri," katanya.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading