Pesan Anies untuk 2 Cawagub DKI: Ikuti Visi Misi Anies-Sandi!

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 January 2020 13:18
Pesan Anies untuk 2 Cawagub DKI: Ikuti Visi Misi Anies-Sandi!
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Anies Rasyid Baswedan pada hari ini telah menerima surat berisi dua nama calon wakil gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Keadilan Sejahtera. Seperti diketahui, kedua cawagub itu adalah Ahmad Riza Patria (Gerindra) dan Nurmansjah Lubis (PKS).

Proses itu berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020). Turut hadir perwakilan Gerindra, yaitu Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik dan Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif. Sedangkan perwakilan dari PKS, yakni Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin dan Sekretaris Fraksi DPRD DKI Jakarta Achmad Yani.

"Pagi hari ini, barusan, kami menerima pimpinan Fraksi Gerindra dan pimpinan Fraksi PKS, menyampaikan dua nama yang menjadi usulan untuk menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta. Tadi sudah kami terima dan nanti Insya Allah nanti akan kami proses," kata Anies seperti dikutip detik.com.


Sehari sebelum prosesi itu, Anies memiliki pesan kepada siapapun yang nanti terpilih, baik itu Riza maupun Nurmansjah.

"Dia ikuti visi-misi yang ada di 2017-2022. Jadi meski tidak, kalau Pak Sandi (eks wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno) kan kampanye, (Riza dan Nurmansjah) tidak ikut kampanye, tapi harus ikuti pada semua janji kampanye kita," katanya seperti dilansir detik.com.

Sekadar gambaran, visi Anies-Sandi 2017-2022 adalah Jakarta sebagai kota yang maju. Untuk mewujudkan visi itu, Anies-Sandi memiliki lima misi antara lain menjadikan Jakarta kota yang aman, sehat, cerdas, berbudaya.

Perihal sosok Riza dan Nurmansjah, Anies mengaku tidak mempermasalahkan. Sebab, Gerindra dan PKS pasti sudah mempertimbangkan cawagub DKI Jakarta dengan matang.



"Karena itu, dari dulu saya sampaikan, hak kewenangan ada di partai politik, dan saya teruskan kepada mereka (DPRD DKI Jakarta)," kata Anies di Taman Puring, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020).

"Seperti saya bilang, banyak acara yang lebih banyak seremonial yang tidak sulit diwakilkan. Kalau dari pekerjaan alhamdulillah berjalan dengan baik," lanjutnya.

Saat dikonfirmasi, Nurmansjah mengaku siap membantu Anies seandainya terpilih. Ia pun memastikan tidak akan ada matahari kembar dalam kepemimpinan di ibu kota.

"Kita masak di dapur, supaya opininya terjaga terus, kemudian monitoring SKPD (satuan kerja perangkat daerah), objek kinerja pas, kita bantulah, jangan sibuk-sibuk di jalan," kata Nurmansjah di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, kemarin.

Ia menambahkan, tugas wakil gubernur adalah menyampaikan pesan gubernur agar SKPD saling berkesinambungan, termasuk menjaga hubungan dengan pemerintah pusat. Nurmansjah menilai kinerja Anies selama memimpin ibu kota sudah baik. Terkait banjir, dia mengatakan perlu penanganan secara bijaksana antara pemprov dan pemerintah pusat.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading