Resmi! Anies Terima Surat Gerindra-PKS Soal Pengganti Sandi

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 January 2020 11:41
Proses itu berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Anies Rasyid Baswedan sudah menerima surat yang berisi dua nama calon wakil gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Keadilan Sejahtera. Proses itu berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).

"Pagi hari ini, barusan, kami menerima pimpinan Fraksi Gerindra dan pimpinan Fraksi PKS, menyampaikan dua nama yang menjadi usulan untuk menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta. Tadi sudah kami terima dan nanti Insya Allah nanti akan kami proses," kata Anies seperti dikutip detik.com.

Perwakilan Gerindra adalah Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik dan Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif. Sedangkan perwakilan dari PKS adalah Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin dan Sekretaris Fraksi DPRD DKI Jakarta Achmad Yani.


M Taufik yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta mengatakan, gubernur akan meneruskan surat yang berisi dua nama cawagub DKI Jakarta pengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Sandiaga Uno kepada DPRD DKI Jakarta. Setelah itu, mereka akan segera memproses di DPRD.

"Dan Insya Allah saya kira warga Jakarta akan punya wakil gubernur dalam waktu dekat. Kami akan proses juga di DPRD setelah kami terima surat dari pak gubernur," kata Taufik.

Sementara itu Arifin juga berharap proses ini berlangsung secara cepat.

"Mudah-mudahan pak gubernur cepat mengajukan ini ke DPRD dan DPRD segera memproses sehingga dalam waktu dekat DKI Jakarta memiliki wakil gubernur yang bisa sinergi dengan Pak Anies membantu gubernur untuk menjadikan Jakarta maju kotanya, bahagia warganya," ujar Arifin.

Seperti diketahui, hampir dua tahun sudah kursi DKI 2 kosong pascaditinggal Sandiaga Salahuddin Uno yang memutuskan untuk maju sebagai calon presiden. Praktis sejak Sandi mundur per 10 Agustus 2018, hanya tinggal Anies yang memimpin roda pemerintahan ibu kota.

Dalam sejumlah kesempatan, Anies memang berharap agar DPRD DKI Jakarta segera menuntaskan pemilihan wagub DKI Jakarta.
Kemarin, dalam konferensi pers di ruang Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, diumumkan dua cawagub DKI Jakarta, yaitu Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS.

Berikut adalah profil singkat dua kandidat wagub DKI Jakarta:

Ahmad Riza Patria
Riza merupakan politikus dari Gerindra yang lahir di Banjarmasin, 17 Desember 1969. Saat ini, Ia berstatus sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat V. Riza duduk di Komisi V DPR RI dengan jabatan sebagai wakil ketua.

Ia pernah mengikuti pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta pada 2012. Saat itu, Riza menjadi cawagub mendampingi Hendardji Soepandji. Akan tetapi, mereka harus mengakui keunggulan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama.

Beberapa waktu lalu, Riza sudah diperkenalkan sebagai cawagub dari Gerindra. Tidak banyak yang Ia sampaikan di Wisma Garuda, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (29/12/2019).

"Insya Allah dalam waktu dekat akan ada keputusannya dua pasangan, tentu ini menjadi harapan kita semua dan nanti partai Gerinda dan PKS akan mengusung dua nama, satu dari Gerindra dan satu dari PKS," ujarnya.

Nurmansjah Lubis
Dilansir dari laman pks-jakarta.or.id, Nurmansjah merupakan politikus kelahiran Jakarta, 8 Desember 1964. Ia bertempat tinggal di Gang Alfalah III/5, RT 11/RW 11, Kelurahan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Nurmansjah pernah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta pada periode 2004-2009 dan 2009-2014. Ia kembali lagi mencalonkan diri sebagai anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024, namun gagal terpilih.

Dikutip dari akun Twitter-nya @nurmansjahlubis, Ia kerap membagikan foto-foto yang berisi kegiatan keseharian. Salah satunya, Nurmansjah pernah mengunggah foto sepeda Brompton ditemani kopi racikannya.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading