Pasar Mobil Makin Sengit, MG Segera Masuk RI

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
16 January 2020 16:17
Pasar Mobil Makin Sengit, MG Segera Masuk RI Foto: Freepik
Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa tahun terakhir pasar otomotif Indonesia diwarnai kabar tak sedap dengan hengkang sejumlah pabrikan dunia seperti Ford hingga GM. Namun, tahun ini justru ada kabar yang menggembirakan.

Morris Garage (MG) dipastikan masuk ke industri otomotif Indonesia. Merek asal Inggris yang kini sudah dibeli China itu sudah mendaftar keanggotaan ke asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), seperti dikutip dari detikcom.

MG merupakan brand Inggris yang kini menjadi cabang perusahaan otomotif China, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC). MG berada di bawah anak usaha SAIC-GM-Wuling.




"MG sudah daftar ke Gaikindo," bilang Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Namun, Kukuh belum bisa memastikan kapan MG akan memulai aktivitas bisnisnya di Indonesia. Namun ia berharap MG bisa mengenalkan dirinya lebih dulu di Tanah Air melalui sejumlah aktivitas pameran otomotif di Tanah Air, seperti IIMS maupun GIIAS 2020.

"Belum tahu (kapan masuk). Mudah-mudahan di pameran nanti kita lihat aja dia nongol atau nggak. Tapi yang jelas dia sudah daftar dan mau jadi anggota Gaikindo," kata Kukuh.

Ia menambahkan, Gaikindo mendorong investasi MG di Indonesia. Jadi bukan sekadar impor produk utuh lalu menjual mobil di dalam negeri.

"Detailnya saya nggak tahu. Pasti rencananya mereka akan investasi di sini. Kita sampaikan, nggak mungkin kalau hanya impor. Karena (industri) kita kan sudah mandiri. Dan kapasitasnya masih ada," ujar Kukuh.



[Gambas:Video CNBC]





(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading