Internasional

Komentari Ketegangan AS-Iran, Presiden Putin: Bencana

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
13 January 2020 17:02
Komentari Ketegangan AS-Iran, Presiden Putin: Bencana
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa perang dengan skala penuh di Timur Tengah bisa menjadi 'bencana' global. Namun ia berharap itu tidak akan terjadi.

"Perang sudah terjadi di sana, walau intensitasnya rendah, tetapi ini perang," kata Putin saat konferensi pers di Moskow setelah diskusi dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.


"Orang terbunuh. Itu fakta," katanya, seperti dilansir dari Bloomberg, Senin (13/1/2020).


Putin pun menegaskan dirinya ingin menghindari aksi militer yang lebih besar terjadi lagi. "Jika ini terjadi, itu akan menjadi bencana, tidak hanya untuk wilayah Timur Tengah tetapi untuk seluruh dunia," katanya lagi.



Sebelumnya tensi AS dan Iran sempat meninggi sejak 3 Januari lalu. Saat itu AS melakukan serangan ke Bandara Baghdad, dan menyebabkan kematian Jenderal Iran Qasem Soleimani.

Kematian Soleimani akhirnya membuat Iran membalas dendam. Serangan diluncurkan 8 Januari lalu, yang menyasar pangkalan militer AS di Irbil dan Ayn Al-Asad

Meski Iran mengklaim ada korban, sebanyak 80 tentara AS, namun Presiden AS Donald Trump berkata sebaliknya. Ia menegaskan tidak ada warga AS yang menjadi korban.

Ia pun mengaku tidak akan membalas Iran dengan serangan lain. AS hanya akan memberi sanksi.

Sementara itu, serangan Iran juga turut membuat pesawat Boeing 737 milik Ukraine International Airlines menjadi korban. Sebanyak 176 penumpang tewas karena rudal Iran yang salah sasaran.


[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading