Dua Srikandi RI yang Ditunjuk Jadi Direktur Bank Dunia

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
10 January 2020 17:07
Bukan cuma Mari Pangestu, Sri Mulyani juga pernah ditunjuk menjadi Direktur Bank Dunia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Mari Elka Pangestu, Menteri Perdagangan dan Menteri Pariwisata era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, baru saja ditunjuk Bank Dunia (World Bank) sebagai direktur baru lembaga itu.

Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan ekonom Universitas Indonesia ini akan menjadi Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia.


Namun, sebelum Mari Pangestu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebenarnya juga sempat menduduki posisi Direktur Pelaksana sekaligus Chief Operating Officer di Bank Dunia, dari 2010 hingga 2016.


Sri Mulyani kala itu bertanggung jawab atas operasional institusi internasional. Mengutip dari laman resmi Bank Dunia, tugas Sri Mulyani adalah menjalin kerja sama dengan negara-negara klien dan negara-negara anggota untuk menempatkan strategi operasional yang sesuai guna mengatasi tantangan pembangunan baru.

Ibu Ani, begitu ia dipanggil, juga memimpin Dewan Penasehat Kelompok Bank Dunia terkait Gender dan Pembangunan. Di sana, ia menyatukan para pemimpin global dan ahli tentang isu-isu gender, termasuk dari sektor swasta.

 Dua Srikandi RI yang Ditunjuk Jadi Direktur Bank DuniaFoto: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)


Meski demikian, Sri Mulyani mengakhiri tugasnya di Bank Dunia 2016 lalu. Kala itu , ia diminta kembali menjabat sebagai menteri keuangan lantaran diminta oleh Presiden Joko Widodo.

Sri Mulyani sempat menjadi salah satu dari 100 wanita yang masuk daftar The World's 100 Most Powerful Women 2019 versi majalah Forbes, menduduki posisi 76 dalam daftar. Setahun sebelumnya, ia juga mendapat penghargaan Menteri Terbaik dalam World Government Summit.

Sementara itu, penunjukan Mari Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia juga bukan tanpa dasar. Lembaga yang berpusat di New York itu menilai Mari memiliki keahlian di bidang manajemen dan kebijakan yang luar biasa dengan pengalamannya selama menjadi menteri dahulu.

 Dua Srikandi RI yang Ditunjuk Jadi Direktur Bank DuniaFoto: Mari Elka Pangestu (detikcom/Dikhy Sasra)


"Saya dengan senang menyambut @Mari_Pangestu ke @WorldBank Group sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan & Kemitraan," tulis Presiden Bank Dunia, David Malpass dalam Twitternya, Kamis (9/1/2020).

"Penunjukannya akan memperkuat model operasional & kepemimpinan global kami saat kami terus mencari hasil pembangunan yang baik," tambahnya.

Postingan tersebut dibalas oleh akun Twitter Mari Pangestu, ia mengucapkan terima kasih karena telah mempercayai dirinya mengisi posisi itu.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada @DavidMalpassWBG karena telah menunjuk saya pada posisi ini dan merupakan suatu kehormatan besar untuk bergabung dengan @WorldBank dalam misi pengembangan vitalnya. Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat dalam menghadapi tantangan mendesak yang dihadapi para anggotanya," balas Mari Elka.

Saat ini Mari Pangestu adalah Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia dan Senior Fellow di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS). Dia juga bertugas di Dewan Kepemimpinan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB.

[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading