VW Kodok Disuntik Mati, Video Perpisahannya Beredar

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
03 January 2020 15:44
VW Kodok Disuntik Mati, Video Perpisahannya Beredar
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan pembuat mobil asal Jerman, Volkswagen atau VW mengucapkan selamat tinggal pada mobil ikonik VW Beetle atau biasa disebut mobil VW kodok setelah 7 dekade. Volkswagen sendiri dikabarkan mengakhiri produksi Beetle tahun 2019.

Perpisahan itu dilakukan lewat sebuah iklan baru yang diberi judul 'The Last Mile'. Iklan berdurasi 90 detik, dibuat dengan biro iklan Johannes Leonardo, muncul di saluran televisi ABC dan CNN pada Selasa (31/12/2019) malam, dengan penempatan tambahan yang direncanakan selama pertandingan Sugar Bowl dan Rose Bowl pada Hari Tahun Baru.

Selain iklan, diluncurkan juga film animasi yang dicetak dengan sampul The Beatles 'Let It Be' dari paduan suara anak-anak Pro Musica Youth Chorus dan papan iklan digital luar rumah di Times Square, New York.




Di dalam iklan tersebut, muncul Andy Warhol yang menciptakan karya-karya yang menampilkan Beetle, dan Kevin Bacon, karakter dari "Footloose" yang mengendarai Beetle. Iklan berakhir dengan mobil kodok terbang ke langit dan muncul kalimat; "Di mana satu jalan berakhir, yang lain dimulai".

VW Kodok Disuntik Mati, Video Perpisahannya BeredarFoto: VW Beetle atau VW kodok yang diubah menjadi mobil listirk saat dipamerkan di Indonesia Electri Motor show di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)


Pada 2018, Volkswagen sempat mengatakan bahwa mereka akan menghentikan mobil kompak Beetle di 2019 karena melihat pasar masa depan dengan mobil listrik. Pada Januari, perusahaan tersebut mengatakan akan membangun kendaraan listrik baru di pabrik Chattanooga, Tennessee, dan bergeser ke arah kendaraan tanpa emisi.

Beetle terakhir meluncur dari jalur perakitan di sebuah pabrik di Meksiko pada Juni 2019, yang menurut CEO Volkswagen de Mexico Steffen Reiche sekarang akan memproduksi Tarek SUV. Menurutnya, Beetles terakhir dijual di Amazon untuk melambangkan pelukan perusahaan di masa depan.

"Film animasi ini memberi penghormatan kepada jejak mobil ini yang telah dibuat saat kami memberi jalan bagi masa depan mobilitas listrik yang menarik bagi massa," kata Chief Creative Officer Johannes Leonardo Leo Premutico dalam emailnya ke CNBC International.

"Saat membuat kampanye, sangat disengaja bahwa kami tidak menempatkan siapa pun atau orang lain sebagai tumpuan. Volkswagen Beetle adalah penyeimbang hebat bagi masyarakat dan budaya pada umumnya. Ini bukan satu orang selamat tinggal atau perusahaan, itu adalah selamat tinggal semua orang," lanjutnya.
Iklan ini juga membuat orang-orang pemilik mobil kodok ini untuk memposting momen kenangan dengan Beetles di Instagram dan Facebook.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading