Hari Pertama Tahun Baru 2020, #Banjir Jadi Trending Topic

News - Efrem Limsan Siregarf, CNBC Indonesia
01 January 2020 09:51
Hari Pertama Tahun Baru 2020, #Banjir Jadi Trending Topic
Jakarta, CNBC Indonesia - Awal tahun Baru 2020 menjadi hari yang tidak terlupakan oleh warga DKI Jakarta dan sekitarnya termasuk Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Sejumlah wilayah tersebut dilaporkan terendam banjir akibat hujan deras yang turun seharian penuh, sejak Selasa malam hingga Rabu pagi (1/1/2020).

Kabar banjir ini tersiar luas, di Twitter sampai menempati posisi teratas trending topic Indonesia. Netizen mengabarkan kondisi di lingkungan mereka yang tergenang banjir. Di Jakarta, tagar #banjir di Tweet hingga 19,8 ribu kali, hingga pukul 09.21 WIB.

"#Banjir 30 cm di dpn Damkar Jl. Tanjung Duren Jakbar, agar hati2 bila sdg melintas. Rabu 1 Jan 2020. 04:32 WIB," tulis akun @arieflipp.


Banjir juga menggenangi ruas jalan di Ibu Kota sehingga tidak dapat dilintasi dengan aman. Pihak kepolisian melalui TMC Polda Metro Jaya terus mengabarkan lokasi banjir terbaru agar masyarakat yang hendak melintasi daerah tergenang bisa memilih jalur lain.

"07:45 #Banjir 70-80 cm di Jl. Bendungan Hilir Raya Jakarta Pusat, sementara tidak dilintasi semua jenis ranmor," tulis akun @TMCPoldaMetro.


Penutupan ruas jalan dilakukan di sejumlah titik. Di Kuningan, tepatnya di Jalan Rasuna Said depan gedung KPK, polisi menutup jalan dua arah.


Dalam unggahan video, terlihat kendaraan yang akan melintas harus memutar arah, sementara polisi yang mengatur lalu lintas di sana menyebut ada mobil terendam banjir.

Ruas tol Jakarta-Cikampek tak luput dari genangan air di KM 25. Kendaraan arah Cikampek diarahkan keluar ke Cibitung.

Akun TMC Polda Metro Jaya juga mengunggah suasana banjir di wilayah Cipinang Elok, Jakarta Timur, dengan ketinggian mencapai dada orang dewasa. Di Pondok Kelapa banjir setinggi pinggang orang dewasa merendam pemukiman di Jalan Lembah Aren VII.

Netizen lain mengeluhkan banjir di tengah ruas tol Cikarang-Tambun yang membuat air merembes masuk sampai ke dalam mobil.

"Pertama kali ngerasain tol banjir dan sampe masuk delama mobil (emoticon) YaAllah bingung harus gmn :( #banjir," tulisnya.

Ada netizen yang mengaku baru kali pertama merasakan rumahnya terendam banjir.


"Rezeki awal tahun, selama tinggal di Utan Kayu gak pernah ngerasain banjir, tahun kni kenaa (emoticon)," tulis @dazaqi.

Saat kebanyakan orang pergi mengungsi atau sibuk menguras banjir, ada juga terlihat santai menghadapinya.

"Guamah bingung cara kuarin aernya gimana, dia dr jam 10 enakan tidur jingan. Arti sebenarnya dari skuyliving #banjir," cuit akun @UasBobby sambil menyertakan foto seorang lelaki yang terlelap tidur di kasur yang dikepung genangan air.

Pemukiman di Bekasi, Jawa Barat, juga tak luput terendam banjir, salah satunya di kawasan Tambun.

"Hujan gak brenti2 semalam suntuk, Graha Harapan Tambun, Bekasi, Banjir," tulis akun @WartawanPensiun.

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading