Jadi Komut PLN, Amien Sunaryadi Lepas Komisaris Freeport

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
27 December 2019 13:22
Amien Sunaryadi ditunjuk jadi Komut PLN, bagaimana posisinya di Freeport?
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memilih Amien Sunaryadi untuk menjadi komisaris utama di PT PLN (Persero). Sebelumnya, Amien masih berstatus sebagai komisaris juga di PT Freeport Indonesia.

Banyak yang bertanya-tanya, apakah Amien sudah melepas statusnya sebagai komisaris di perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia saat terpilih jadi komisaris di perusahaan setrum negara?

CNBC Indonesia mencoba mengontak Amien lewat pesan singkat, tapi tak berbalas.


Namun, Sekretaris Perusahaan PT Inalum (Persero), Rendi Witular, sebagai pemilik saham mayoritas PT Freeport Indonesia memastikan bahwa Amien tak lagi duduk di kursi komisaris Freeport. "Sudah tidak, efektif setelah diangkat sebagai Komut PLN," ujar Rendi, Jumat (27/12/2019).



[Gambas:Video CNBC]


Selepas perginya Amien dari Freeport, sampai saat ini penggantinya belum ditetapkan lagi. "Belum tahu masih mencari kandidat," lanjutnya.

Seperti diketahui, Erick memilih Amien sebagai Komisaris Utama PLN dengan pertimbangan latar belakangnya sebagai sosok yang progresif memberantas korupsi.

Amien Sunaryadi adalah Wakil Ketua KPK periode 2003-2007. Selama jabatannya, Amien memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan surveillance yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile.


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading