Tugas Berat Duet Maut Zulkifli-Amien di PLN

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
26 December 2019 07:58
Tugas Berat Duet Maut Zulkifli-Amien di PLN
Jakarta, CNBC Indonesia - Tugas berat menanti Direktur Utama (Dirut) dan Komisaris Utama (Komut) PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini dan Amien Sunaryadi yang baru beberapa hari lalu dipilih. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan beberapa tugas berat yang akan diemban oleh duet Zulkifli-Amien ke depan.

Tugas berat pertama adalah merealisasikan rasio elektrifikasi 100% di Indonesia. Kedua, menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat dan industri.


Mereka juga ditugasi untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai sumber listrik. Tidak berhenti di situ, pemindahan ibu kota juga mengharuskan PLN memastikan pemenuhan listriknya.


"PLN juga akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMD dan BUMDes dalam memproduksi listrik. PLN akan fokus pada distribusi," pesan Erick, Senin, (23/12/2019).

Lebih lanjut Erick mengatakan, pertimbangan dalam memilih keduanya adalah sepak terjang. Menurutnya kedua sosok ini memiliki rekam jejak yang sangat baik. Siap bekerja keras dan memiliki akhlak baik.

"Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah," terangnya.

Amien Sunaryadi adalah wakil ketua KPK periode 2003-2007. Selama jabatannya, Amien memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan surveillance yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile.


Sementara itu, Zulkifli Zaini saat ini merupakan Komisaris Independen BNI sejak 17 Maret 2015 dan pernah menjadi Dirut Bank Mandiri di 2010-2013. Keduanya ditetapkan menjadi Dirut Komut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) yang digelar Senin lalu, (23/12/2019).

Respon positif penunjukkan duet Zulkifli-Amien datang dari berbagai pihak mulai dari Kadin hingga asosiasi. Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani mengatakan pengalaman yang dimiliki Zulkifli dan Amien akan meningkatkan profesialisme dan transparansi manajemen PLN sehingga berdampak positif pada peningkatan kualitas layanan dan performa PLN.

"Kami pelaku usaha akan terus membina hubungan dan kerjasama yang baik dengan PLN untuk mewujudkan sinergitas yang akan membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin baik," ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) Arthur Simatupang menilai kedua sosok ini tepat dalam mendukung upaya PLN meningkatkan kinerja, profesionalisme, dan transparansi perusahaan. Diharapkan iklim investasi semakin kondusif.

"Sehingga semua pelaku usaha termasuk swasta dapat lebih berperan dalam mendukung PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia," terangnya.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Pandu Sjahrir. Menurutnya mereka adalah kombinasi yang pas, profesionalisme dan transparansi.

Sebagai pelaku di industri, pihaknya berharap dengan pengalaman yang dimiliki bisa mendukung upaya PLN dalam meningkatkan profesionalisme dan transparansi perseroan.

"Dan tentunya kami, bersama dengan seluruh stakeholders, berkomitmen untuk terus mendukung PLN dalam menjalankan berbagai program elektrifikasi di Indonesia," tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading