Heboh Said Aqil Tagih Sri Mulyani Soal Kredit Murah Rp 1,5 T

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 December 2019 11:10
Said mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima sepeser pun dari nilai yang dijanjikan tersebut.
Berikut jawaban atau klarfikasi dari Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Nufransa Wira Sakti :

Sehubungan dengan pelaksanaan penyaluran Pembiayaan UMi (Ultra Mikro) dengan koperasi yang berbasis ormas Islam, di mana salah satunya sengan Ormas NU, diinformasikan sebagai berikut:

1. Pada tahun 2017 Menkeu bersama Menkop dan Menkominfo menandatangani MoU dengan PBNU antara lain untuk pembinaan UMKM dan perpajakan. Anggaran Rp 1,5 triliun dialokasikan oleh APBN 2017 dikelola oleh Pusat Invetasi Pemerintah (PIP) merupakan modal awal untuk pelaksanaan program Usaha Ultra Mikro untuk seluruh Indonesia termasuk pelaku  ultra Mikro dibawah NU.


2. Sampai dengan saat ini, terdapat 36 Penyalur Koperasi sebagai lembaga linkage di bawah PT BAV;

3. PIP telah melakukan akad dengan total nilai Rp 211 miliar untuk 5 koperasi yang berafiliasi dan diusulkan NU antara lain: KSPPS BMT UGT Sidogiri (Pasuruan, Rp 50 miliar), KSPPS BMT Nusa Umat Sejahtera (Semarang, Rp 100 miliar), KSSPS BMT El Anugrah Sejahtera (Langkat, Rp 8 miliar), KSPPS BMT Nuansa Umat Jatim (Sumenep, Rp 50 miliar) dan KSPPS BMT Ummat Sejahtera Abadi (Jepara, Rp 3 miliar);

4. Penyaluran Pembiayaan UMi berjalan baik dan membantu koperasi meningkatkan usahanya.

5. Telah diujicobakan juga skema Pembiayaan UMi melalui skema channeling, bekerja sama dengan PT Pegadaian dengan 11 lembaga yang berafiliasi dengan NU dengan total penyaluran Rp. 2,1 miliar.

Model channeling PT Pegadaian ini melakukan penyaluran secara langsung ke warga NU dengan menggunakan basis pondok pesantren.

6. Seluruh penyerahan kredit UMi tersebut telah berdasarkan persetujuan dan dekomendasi PBNU.

"Dengan adanya informasi ini, maka apa yang disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang mengatakan bahwa sampai hari ini kredit usaha yang dijanjikan belum ada satu peserpun yang  terlaksana adalah sama sekali tidak benar," kata Nufransa kepada CNBC Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]




(dob)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading